PENGARUH LAYANAN ATM (AUTOMATIC TELLER MACHINE), INTERNET BANKING, DAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN SEBAGAI NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK

  • Adinda Dwi Amalia Isdir Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dessy Handa Sari POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: ATM Services, Internet Banking, Mobile Banking, Customer Satisfaction

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of ATM, Internet Banking, and Mobile Banking services on the satisfaction of Balikpapan State Polytechnic students as customers of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. This research is a type of associative research. The population in this study were students of the Balikpapan State Polytechnic. The sampling method in this study used the judgment sampling method. The data collection method in this study was a questionnaire. The method of data analysis used descriptive quantitative statistical methods, namely multiple linear regression analysis with a significant level of 0.05. Based on the coefficient of determination (R²) test, it shows that the Adjusted R Square value of 0.664 means that 66,4% of customer satisfaction factors can be explained by ATM, Internet Banking, and Mobile Banking, while the remaining 33,6% is explained by other factors. others that were not investigated in this study. The results of the F test indicate that ATM, Internet Banking, and Mobile Banking services simultaneously have a positive and significant effect on the satisfaction of Balikpapan State Polytechnic students as customers of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. The results of the t-test indicate that ATM, Internet Banking and Mobile Banking partially have a positive and significant effect on student satisfaction at the Balikpapan State Polytechnic as customers of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.

References

Adela, Melfi. 2020. Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah KCP Rajabasa). Jurusan S1 Perbankan Syariah Fakul tas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Metro. Di ambil pada tanggal 8 Maret 2021 dari
https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3512/1/MELFI%20ADELA%201602100150.pdf.

Anwar, Mangkunegara Prabu. (2013). Manajemen Sumber Daya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chusnia, M. S. (2014). Pengaruh Layanan Elektronik Banking (E-Banking) terhadap Kepuasan Nasabah di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. [Skripsi]. Tulungagung (ID): IAIN Tulungagung.

Danandjaja. (2012). Metodologi Penelitian Sosial. Medan: Graha Ilmu.

Dwinurpitasari, Y.A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Produk Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Jurusan Perbankan Syariah IAIN. Ponorogo. Di ambil pada tanggal 8 Maret 2021, dari
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20YENI%20ANDA%20%28210815035%29.pdf.

Fijriani, Yuyul. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Unismuh Alauddin. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Makassar. Di ambil pada tanggal 8 Maret 2021, dari
https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2733-Full_Text.pdf.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Grace & Novander. (2017). Analisis Pengaruh Automatic Teller Machine Dan Short Message Service Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Bina Mulia. Palu. Di ambil pada tanggal 19 Maret 2021, dari
file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/59-204-1-PB.pdf.

https://kaltim.tribunnews.com/2020/04/04/balikpapan-jadi-kota-pemakai-handphone-dan-internet-terbanyak-di-kalimantan-timur (di ambil pada tanggal 18 Maret 2021).

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/MTM4NjRCNjktMzhGNC00RTI2LTg5NjMtQzU5Qzk0QjU2NjVG. (di ambil pada tanggal 23 Juli 2021).

Rahmadana. (2019). Pengaruh Kualitas Mobile Banking, Internet Banking Dan Fasilitas Automatic Teller Machine (ATM) Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank BRI Cabang Iskandar Muda Medan. Program Studi Strata-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. MEDAN. Di ambil pada tanggal 8 Maret 2021, dari
http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/22862/150502029.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Rizal, S. & Munawir. (2017). Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Menggunakan Mobile Banking (M-Banking) Pada Bank BCA Cabang Banda Aceh. Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUBANK) Nusantara dan Mahasiswa Program Pasca Sarjana Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Universitas Syiah Kuala Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Indonesia. Di ambil pada tanggal 6 Maret 2021, dari
http://journal.lembagakita.org/index.php/emt/article/viewFile/34/26.

Sabiyatunnadhif, A.R. (2016). Pengaruh Internet Banking, Mobile Banking, Dan Automatic Teller Machine (ATM) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Tulungagung. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Diambil pada tanggal 6 Maret 202, dari
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3410/.

Sangadji, Etta Mamang., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Malang: Andi Offset.

Santoso, Singgih. (2018). Mahir Statistik Parametrik. Konsep Dasar dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo

Solikah, Maslakatus. (2019). Pengaruh Automatic Teller Machine (ATM) Dan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KC Madiun. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri. Ponorogo. Di ambil pada tanggal 3 Maret 2021, dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/10730/.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Yulianto, Tri. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan ATM Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank BRI). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah. Surakarta. Di ambil pada tanggal 8 Maret 2021, dari
http://eprints.ums.ac.id/35580/15/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.
Published
2022-01-02
How to Cite
Isdir, A. D. A., Suriana, I., & Sari, D. H. (2022). PENGARUH LAYANAN ATM (AUTOMATIC TELLER MACHINE), INTERNET BANKING, DAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN SEBAGAI NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 3, 310-322. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/261