ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL DALAM MEMUDAHKAN NASABAH BERTRANSAKSI PADA PT. PEGADAIAN UPC BONTO BULAENG

  • Yuni Agustin Putri Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dito Rozaqi Arazy POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Pegadaian Digital Service, Analisis Sistem Informasi, Kemudahan Nasabah

Abstract

ABSTRACT
This study aims to find out the Pegadaian Digital Service in making it easier for customers
to transact at the Pawnshop Kawi Branch UPC Bonto Bulaeng. This study uses a qualitative
method with a descriptive approach and is analyzed by interviewing Pegadaian employees, namely
the appraiser and cashier, and also from the customers of the UPC Bonto Bulaeng Pawnshop who
use the PDS application. This research supports Maulani (2020), Fadillah & Putri (2021) and
Patriniyasasari with the same result, namely about the application of the Analysis of the Digital
Service Pawnshop application. So with this for PT Pegadaian Kawi Branch UPC Bonto Bulaeng,
the authors hope that in the future they will continue to maintain relationships with customers to
maintain cooperation, expand further on the PDS application so that it will increase even more in
the future, in addition to attracting people to become customers, there needs to be socialization
and promotions must always be done in writing or in person.
Keywords: Pawnshop Digital Service; Information System Analysis;Customer Convenienc.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui Pegadaian Digital Service dalam memudahkan
nasabah bertransaksi pada Pegadaian Cabang Kawi UPC Bonto Bulaeng. Penelitian ini
mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa dengan mewawancarai
pegawai Pegadaian yaitu Penaksir dan juga kasir, dan juga dari nasabah Pegadaian UPC Bonto
Bulaeng pengguna aplikasi PDS. Maka dengan ini untuk PT Pegadaian Cabang Kawi UPC Bonto
Bulaeng, penulis berharap kedepannya tetap menjaga hubungan dengan nasabah untuk
mempertahankan kerjasama, memperluas lagi tentang aplikasi PDS agar semakin meningkat lagi
kedepannya, selain itu dalam menarik masyarakat agar menjadi nasabah, perlu adanya sosialisasi
dan promosi yang harus selalu dilakukan secara tertulis maupun langsung. Penelitian ini
mendukung Maulani (2020) , Fadillah & Putri (2021) dan Patriniyasasari dengan hasil yang sama
yaitu tentang penerapan Analisis aplikasi Pegadaian Digital Service.
Kata Kunci: Pegadaian Digital Service; Analisis Sistem Informasi;Kemudahan Nasabah.

References

Daftar Pustaka
Fadhilah, Jihan Rizky, dan Nora Eka Putri. 2021. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan
Aplikasi Pegadaian Digital Service di Pegadaian cabang Tarandam kota Padang.” Jurnal
Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) 5(4):2598–9944.
Feni Hariyati, f. a. (2020). Efektifitas aplikasi PSDS(pegadaian syariah digital service) dalam
meningkatkan jumlah nasabah. 61-69.
Keuangan, Otoritas Jasa. 2016. “Pengertian Sistem Informasi.” Otoritas Jasa Keuangan. Diambil
1 April 2022 (www.ojk.go.id).
Maulani, Denia. 2020. “E-Government: Efektivitas Layanan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital
Service (PSDS) pada Cabang Pegadaian Syariah Bogor Baru.” Jurnal Manajemen Strategi
dan Aplikasi Bisnis 3(2):185–94.
Patriniyasasari, Risa, Maria Ulfa, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma, Performance
Expectancy, Effort Expectancy, dan Pegadaian Syariah Digital. 2020. “Analisis Penerapan
Aplikasi Pegadaian Syariah Digital.” 307–11.
Setyaningrum, Rizky, dan Siti Afidatul Khotijah. 2020. “Analisis Penerapan Sistem Informasi
Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi Menurut
Syariah Islam.” Gorontalo Accounting Journal 3(2):105. doi: 10.32662/gaj.v3i2.1027.
Sugiyono. (2018). metode kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-05-29
How to Cite
Putri, Y. A., Suriana, I., & Arazy, D. R. (2023). ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL DALAM MEMUDAHKAN NASABAH BERTRANSAKSI PADA PT. PEGADAIAN UPC BONTO BULAENG. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 4(1), 151-158. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/413