ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO SOLVABILITAS PT. BANK MANDIRI (PERSERO), TBK TAHUN 2016-2020

  • Salsabila Aisyiah Julianto POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dessy Handa Sari POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: analisis rasio, rasio keuangan, rasio likuiditas, rasio solvabilitas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab pergerakan rasio keuangan yaitu rasio Likuiditas, diantaranya adalah current ratio, quick ratio, dan cash ratio. Sedangkan rasio Solvabilitas antara lain, debt to asset ratio, debt to equity ratio, dan long term debt to equity ratio. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yang diperoleh dari website resmi atau annual report PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk tahun 2016-2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Dalam penilitian ini, teknik analisis data berdasarkan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas. Hasil penyebab pergerakan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk adalah penyaluran kredit, simpanan nasabah, pertumbuhan ekonomi, inflasi, kebijakan suku bunga dan nilai tukar rupiah.

References

Fitriani (2020) “Analisis Laporan Keuangan Berdasarkan Rasio Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tahun 2015-2019.”. Balikpapan.
Florensis Verginia Sepang, Wilfried S. Manoppo dan Joanne V. Mangindaan (2018) “Analisis Kinerja Keuangan dengan menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.”
Ireine Wulan Pangemanan, Herman Karamoy, dan Meily Kalalo (2017) “Analisis Rasio Likuiditas, Leverrage, dan Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Bank Central Asia Tbk Cabang Manado.”. Manado.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Published
2021-12-27
How to Cite
Julianto, S. A., Sari, D. H., & Suriana, I. (2021). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO SOLVABILITAS PT. BANK MANDIRI (PERSERO), TBK TAHUN 2016-2020. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 112-119. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/252