PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), RETURN ON ASSETS (ROA) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP RASIO TOBIN’S Q PADA BANK YANG TERDAFTAR DALAM LQ45 BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2020

  • Fiona Emmalia Christie POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Ramli POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dessy Handa Sari POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Return on Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Corporate Social Responsibility, Return on Assets, dan Net Profit Margin terhadap Nilai Perusahaan yang diukur dengan rasio Tobin’s Q pada Bank yang terdaftar dalam LQ45 Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2020. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan serta laporan keberlanjutan bank. Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 4 bank dengan jumlah tahun penelitian sebanyak 8 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Corporate Social Responsibility (CSR), Return on Assets (ROA), dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan; (2) Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan; (3) Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan; (4) Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

References

Ardimas, Wahyu., & Wardoyo. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada bank Go Public yang Terdaftar di BEI.
Alfika, Stefi Ella Dwi., Azizah, Nurul. (2020) Pengaruh Return on Assets, Net Profit Margin, Dept to Equity Ratio dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktor Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indoesia (BEI) Periode 2015-2018.
Anggito, Albi., & Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Aminurlaila. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2015-2019.
Apriyani, Yensi Febya., & Sutjahyani, Dewi. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015).
Ayem, Sri. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017).
Ayu, Dea Putri., Suarjaya, A.A. Gede. (2017) Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan.
Apsari, Idha Ayu., Dwiatmanto, & Azizah, Devi Farah. (2015). Pengaruh Return on Equity, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio, dan Longterm Debt to Equity Ratio Terhadap Price Book Value (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2013).
Agustiani, Rizki Muti. (2017). Pengaruh Good Corporate Governanance, Return on Asset, Return on Equity, BOPO, dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia.
Brigham, F. E. & Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Keuangan Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.
Diharja, Muhammad Panca. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikian Instational sebagai Variabel Moderating.
Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta
Febriani, Nia Puput. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Industri Sektor Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2015.
Fitriyani, Indah. (2019). Pengaruh Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderasi.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Haniffa, R.M., dan T.E. Cooke. (2005). The Impact of Culture and Governance on Corporate Social Responsibility Reporting (Journal of Accounting and Public Policy).
Harmono. (2009). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendek-tan Teori, Kasus, dan riset Bisnis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasni Opu, Andi. (2013). Pengaruh CSR Terhadap Kinerja Keuangan Bank Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Hasanah, Rosy Yulia Siti. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Survey pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017).
Hawa, Siti. (2019). Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return on Investment (ROI), Pertumbuhan Penjualan, Devident Payout Ratio (DPR), Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufkatur Sektor Kimia, Kemasan dan Plastik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014).
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo
Hutabarat, Ance Cessilia. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi.
Indrarini, Silvia. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba: Good Governance dan Kebijakan Perusahaan.
Kamal Barok, Ahmad. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan pada Perbankan Syariah di Yogyakarta.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Karina, Desita Riyanta Mitra., & Setiadi, Iwan. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Perusahaan Dagang Dengan GCG Sebagai Pemoderasi.
Komariyah, Siti. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2015.
Kurnianto, Arif. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kusno, Hendra Sanjaya., Wijayani, Dahyang Ika Leni., dan Santika, Sisca., (2019). Faktor Penentu Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: pada Perusahaan Petambangan di Indonesia.
Lestari, Farianita. (2017). Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Pertambangan di BEI Tahun 2010-2014.
Lestari, Hilda Tri. (2018). Pengaruh Struktur Modal dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan
Lindawati, Ang Swar Lin., & Puspita, Marsella Eka. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan.
Nufus, Tudhiyatun. (2019) Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responisbility Terhadap Nilai Perusahaan.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40, Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 25, Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.
Rosiana, G.A.M.E., Juliarsa, G., Sari, M.M.R. (2013). Pengaruh Pengungkapan
CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi.
Rudito, Bambang. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung: Rekayasa Sains Bandung.
Rahayu, & Damayanti. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Keuangan pada Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Asing sebagai Variabel Moderasi
Sartono, Agus. (2014). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE
Sondakh, Priska., Saerang, Ivonne., & Samadi, Reitty. (2019). Pengaruh Struktur Modal (ROA, ROE, dan DER) Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Sektor Properti yang Terdaftar di BEI (Periode 2013-2016).
Silvi Ayu, Eka. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017).
Simatupang, Ellis Setia. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Net Profit Margin dan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Said, Achmad Lamo (2015). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, Putri Yanindha. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiono, Arief., & Untung, Edy. (2016). Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.
Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sugeng, Bambang. (2017). Manajemen Keuangan Fundamental. Yogyakarta: Deepublish.
Suryonugroho, Bayu. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajemen dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating.
Stacia, Evelin., Juniarti. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan.
Tjipto, Elsa Paulina., & Juniarti. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Property and Real Estate.
Warti, Rosa Lia. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Perbankan di Indonesia.
Wahyu, Dzulfikar Dwi., & Mahfud, Mohammad Kholiq. (2018). Analisis Pengaruh Net Profit Margin, Return on Assets, Total Assets Turnover, Earning Per Share dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016).
Wulandari, Ayu. (2016). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan pada Pasar Modal Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2014.
Published
2021-12-27
How to Cite
Christie, F. E., Ramli, R., & Sari, D. H. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), RETURN ON ASSETS (ROA) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP RASIO TOBIN’S Q PADA BANK YANG TERDAFTAR DALAM LQ45 BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2020. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 120-129. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/241