https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/issue/feedJurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)2025-01-09T11:04:21+07:00Jurusan Akuntansijmap@poltekba.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan (JMAP) Adalah media publikasi karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa Jurusan Bisnis, Politeknik Negeri Balikpapan. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi proyek akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikannya. Artikel yang terbit sudah melalui uji pendampingan, uji lisan dan presentasi, serta penyusunan standar penulisan karya ilmiah sesuai kedalaman materi mahasiswa diploma dan sarjana. Ruang Lingkup dan Fokus artikel mencakup penelitian kuantitatif, deskriptif kuantitatif, maupun kualitatif dibidang Perbankan dan Keuangan Digital, Akuntansi, Perpajakan, dan Manajemen Keuangan.</p>https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/452ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TRANSAKSI CARDLESS PADA APLIKASI BRIMO2025-01-09T10:53:59+07:00Geby Novita Masrina Sianturigebynov15@gmail.comNurul Musfirah Khairiyahnurul.musfirah@poltekba.ac.idHendra Sanjaya KusnoHendra.sanjaya@poltekba.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to analyze the impact of technological developments in the financial sector on payment systems, both online and offline, using quantitative methods. The research population consisted of 158 students of the Business Department class of 2020-2023. The results showed that convenience, comfort, and trust simultaneously had a significant effect on the interest of Business Department students in making cardless transactions. Partially, convenience has no significant effect, while comfort and trust significantly have a positive effect on student interest. This finding is in line with Handayani's (2019) research, which also found that convenience and trust have a positive impact on interest in using mobile banking among Yogyakarta students. In conclusion, students' interest in using cardless transactions contributes significantly to advancing personal financial management technology in the future.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Brimo, Cardless, Customer Interests.</em></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perkembangan teknologi di sektor keuangan terhadap sistem pembayaran, baik online maupun offline, dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 158 mahasiswa Jurusan Bisnis angkatan 2020-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kenyamanan, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa Jurusan Bisnis dalam melakukan transaksi tanpa kartu. Secara parsial, kemudahan tidak memiliki pengaruh signifikan, sementara kenyamanan dan kepercayaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa tersebut. Temuan ini sejalan dengan penelitian Wulandari dkk(2023) yang juga menemukan bahwa kenyamanan dan kepercayaan berdampak positif terhadap minat menggunakan mobile banking di kalangan mahasiswa Yogyakarta. Kesimpulannya, minat mahasiswa dalam menggunakan transaksi tanpa kartu berkontribusi signifikan dalam memajukan teknologi pengelolaan keuangan pribadi di masa depan.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Brimo, <em>Cardless</em>, Minat Nasabah.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/453ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN BRIMO TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT BATU AMPAR2025-01-09T10:56:51+07:00Fraticia Simangunsongfraticiasmg03@gmail.comDessy Handa Saridessy.handa@poltekba.ac.idNur Vita Opunur.vita@poltekba.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of service quality and ease of use of BRImo on customer satisfaction at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Batu Ampar Unit. In this study using independent variables, namely, Service Quality and Ease of Use w hile the dependent variable in this study is Customer Satisfaction. This study uses primary data in the form of distributing questionnaires. The sampling technique used is simple random sampling where the population in this study amounted to 987 and the sample amounted to 285 respondents. The results showed that the results of the first hypothesis testing on the Service Quality variable (X1) had a positive effect on Customer Satisfaction (Y). The hypothesis results in the second hypothesis test the Ease of Use variable (X2) has a positive effect on Customer Satisfaction (Y). </em></p> <p><em>Keywords: Service Quality, Ease of Use, Customer Satisfaction</em></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kemudahan penggunaan BRImo terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Batu Ampar. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan sedangkan variabel dependen pada penelitian ini yaitu Kepuasan Nasabah. Penelitian ini menggunakan data primer berupa penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>simple random sampling </em>dimana populasi dalam penelitian ini berjumlah 987 dan sampel berjumlah 285 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil hipotesis pertama menguji pada variabel Kualitas Layanan (X1) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Hasil hipotesis pada hipotesis kedua menguji variabel Kemudahan Penggunaan (X2) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y).</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/455PENGARUH FASILITAS MOBILE BANKING DAN ATM TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG BALIKPAPAN2025-01-09T11:01:49+07:00Prasetyo Tri Utomoprasetyo9280@gmail.comNurul Musfirah Khairiyahnurul.musfirah@poltekba.ac.idSisca Santikasisca.santika@poltekba.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Mobile Banking and ATM are bank facilities that have similarities in providing easy access to banking services to customers. This research aims to find out whether Mobile Banking and Automatic Teller Machine (ATM) facilities affect customer satisfaction at Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Balikpapan Branch Office. In this research, Customer Satisfaction is the dependent variable, while Mobile Banking and ATM are the independent variables. The number of samples used in this research was 100 respondents. This type of research is quantitative research. In collecting this data, the Slovin formula was used, with data collection using a questionnaire. The data analysis technique uses the help of the Statistical Product and Service Solutions (SPSS) application program version 26. The results of the research conducted show that the Mobile Banking and Automatic Teller Machine (ATM) variables simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction. The Mobile Banking variable partially has a positive and significant effect on customer satisfaction. The ATM (Automatic Teller Machine) variable partially has a positive and significant effect on customer satisfaction</em><em>.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>Mobile Banking</em> dan ATM merupakan fasilitas bank yang memiliki kesamaan dalam memberikan kemudahan akses layanan perbankan kepasa nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fasilitas <em>Mobile Banking</em> dan <em>Automatic Teller Machine </em>(ATM) terhadap kepuasan nasabah pada Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Balikpapan. Pada penelitian ini Kepuasan Nasabah sebagai variabel dependen, sedangkan <em>Mobile Banking </em>dan ATM sebagai variabel independen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data ini menggunakan rumus slovin, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan program aplikasi <em>Statistical Product and Service Solutions</em> (SPSS) versi 26. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel <em>Mobile Banking </em>dan <em>Automatic Teller Machine </em>(ATM) secara simlutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel <em>Mobile Banking </em>secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel ATM (<em>Automatic Teller Machine</em>) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/454ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK AMANAH DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG RAPAK2025-01-09T11:04:21+07:00Hairun Nisa Nisahairunnisa10401@gmail.comEndang Sri Aprianiendang.sri@poltekba.ac.idTotok Ismawantototok.ismawanto@poltekba.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The purpose of this study is to find out how the marketing strategy of the trust product is carried out and whether the implementation of the 7P Marketing Mix can attract customer interest in the trust product. With the type of field research using a qualitative approach. The data collection techniques are observation, interviews and documentation. The source of data was obtained from the results of interviews, with trusted informants. The collected data were analyzed using the Miles and Huberman interactive model analysis technique. The results of the study show that the marketing strategy of trust products carried out by PT. Pegadaian Cabang Rapak by looking at the implementation of the marketing mix of 7P Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence. With its marketing strategy that applies the marketing mix from 7P in achieving marketing goals that are effective in satisfying both consumer needs and desires and can attract customer interest.</em></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em> </em>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk amanah yang dilakukan dan apakah Penerapan Bauran Pemasaran 7P dapat menarik minat nasabah pada produk amanah. Dengan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, dengan informan terpercaya. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk amanah yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Cabang Rapak dengan melihat dari penerapan bauran pemasaran 7P <em>Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence</em>. Dengan strategi pemasarannya yang menerapkan bauran pemasaran (<em>marketing mix</em>) dari 7P dalam mencapai tujuan pemasaran yang efektif baik dalam memuaskan kebutuhan maupun keinginan konsumen dan dapat menarik minat nasabah.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/446PENGARUH PEMUTIHAN PAJAK, KEPATUHAN WAJIB PAJAK, DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS KOTA BALIKPAPAN)2025-01-09T10:30:01+07:00Hidayah Mahendrawatihidayahmahendrawati@gmail.comHasto Finantohasto.finanto@poltekba.ac.idTotok Ismawantototok.ismawanto@poltekba.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of Tax Bleaching, Taxpayer Compliance, and Taxation Socialization on Motor Vehicle Tax Revenue in Balikpapan City. This type of research is quantitative research with associative approach. The population in this study are taxpayers registered at UPTD PPRD BAPENDA of East Kalimantan Province in Balikpapan City. The sampling technique used in this research is Incidental Sampling. The sample in this research is 400 respondents. Data collection technique in this research is using questionnaire method. Data analysis technique used in this research is SmartPLS (Partial Least Square) version 3.2.9 for windows. The results of this study indicate that Tax bleaching affects Motor Vehicle Tax Revenue, Taxpayer compliance affects motor vehicle tax revenue, and tax socialization affects motor vehicle tax revenue. </em></p> <p><em>Keywords: </em><em>Tax Bleaching, Taxpayer Compliance, Tax Socialization, Motor Vehicle Tax Revenue</em></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em> </em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemutihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di UPTD PPRD BAPENDA Provinsi Kaltim Wilayah Kota Balikpapan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Sampling Insidental</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah 400 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi <em>SmartPLS (Partial Least Square)</em> versi 3.2.9 <em>for windows</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemutihan Pajak berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sosialisasi Perpajakan berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.</p> <p><em>Kata kunci: Pemutihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor</em></p>2024-11-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)