https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/issue/feed Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP) 2024-12-10T10:23:37+07:00 Jurusan Akuntansi jmap@poltekba.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan (JMAP) Adalah media publikasi karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa Jurusan Bisnis, Politeknik Negeri Balikpapan. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi proyek akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikannya. Artikel yang terbit sudah melalui uji pendampingan, uji lisan dan presentasi, serta&nbsp; penyusunan standar penulisan karya ilmiah sesuai kedalaman materi mahasiswa diploma dan sarjana. Ruang Lingkup dan Fokus artikel mencakup penelitian kuantitatif, deskriptif kuantitatif, maupun kualitatif dibidang Perbankan dan Keuangan Digital, Akuntansi, Perpajakan, dan Manajemen Keuangan.</p> https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/446 PENGARUH PEMUTIHAN PAJAK, KEPATUHAN WAJIB PAJAK, DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS KOTA BALIKPAPAN) 2024-12-10T10:23:37+07:00 Hidayah Mahendrawati hidayahmahendrawati@gmail.com Hasto Finanto hasto.finanto@poltekba.ac.id Totok Ismawanto totok.ismawanto@poltekba.ac.id <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of Tax Bleaching, Taxpayer Compliance, and Taxation Socialization on Motor Vehicle Tax Revenue in Balikpapan City. This type of research is quantitative research with associative approach. The population in this study are taxpayers registered at UPTD PPRD BAPENDA of East Kalimantan Province in Balikpapan City. The sampling technique used in this research is Incidental Sampling. The sample in this research is 400 respondents. Data collection technique in this research is using questionnaire method. Data analysis technique used in this research is SmartPLS (Partial Least Square) version 3.2.9 for windows. The results of this study indicate that Tax bleaching affects Motor Vehicle Tax Revenue, Taxpayer compliance affects motor vehicle tax revenue, and tax socialization affects motor vehicle tax revenue. </em></p> <p><em>Keywords: </em><em>Tax Bleaching, Taxpayer Compliance, Tax Socialization, Motor Vehicle Tax Revenue</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>&nbsp;&nbsp; </em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemutihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di UPTD PPRD BAPENDA Provinsi Kaltim Wilayah Kota Balikpapan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Sampling Insidental</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah 400 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi <em>SmartPLS (Partial Least Square)</em> versi 3.2.9 <em>for windows</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemutihan Pajak berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sosialisasi Perpajakan berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.</p> <p><em>Kata kunci: Pemutihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor</em></p> 2024-12-10T10:22:42+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP) https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/441 ANALISIS PENGARUH HARGA EMAS, TINGKAT INFLASI, DAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KCP BALIKPAPAN BARU PERIODE 2021-2023) 2024-12-10T09:26:22+07:00 Pramesti Ayuningtyas Kusuma Wardani estiakwr923@gmail.com Nurul Musfirah Khairiyah nurul.musfirah@poltekba.ac.id Ramli Ramli ramli@poltekba.ac.id <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of Gold Price, Inflation Rate, and Number of Customers of Sharia Gold Pawn Financing on the Distribution of Sharia Gold Pawn Financing at Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Baru for the 2021-2023 Period. This research uses secondary data. The method used is multiple linear regression method with SPSS software version 26. The results obtained are simultaneously obtained results that the variable Gold Price, Inflation Rate, and Number of Islamic Gold Pawn Financing Customers have an influence on the Distribution of Islamic Gold Pawn Financing. Partially, it was found that the variable Inflation Rate and Number of Islamic Gold Pawn Financing Customers had an influence on the Distribution of Islamic Gold Pawn Financing. While the Gold Price variable has no influence on the Distribution of Islamic Gold Pawn Financing.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga Emas, Tingkat Inflasi, dan Jumlah Nasabah Pembiayaan Gadai Emas Syariah terhadap Penyaluran Pembiayaan Gadai Emas Syariah pada Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Baru Periode 2021-2023. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Metode yang digunakan merupakan metode regresi linier berganda dengan <em>software</em> SPSS versi 26. Hasil penelitian yang didapatkan ialah secara simultan didapatkan hasil bahwa variabel Harga Emas, Tingkat Inflasi, dan Jumlah Nasabah Pembiayaan Gadai Emas Syariah memiliki pengaruh terhadap Penyaluran Pembiayaan Gadai Emas Syariah. Secara parsial didapatkan hasil bahwa variabel Tingkat Inflasi dan Jumlah Nasabah Gadai Emas Syariah memiliki pengaruh terhadap Penyaluran Pembiayaan Gadai Emas Syariah. Sedangkan variabel Harga Emas tidak memiliki pengaruh terhadap Penyaluran Pembiayaan Gadai Emas Syariah.</p> 2024-12-10T09:26:04+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP) https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/440 ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG PENAJAM 2024-12-10T09:22:18+07:00 Nurul Nurul nurulsafitri2906@gmail.com Totok Ismawanto Totok totok.ismawanto@poltekba.ac.id Hasto Finanto Hasto hasto.finanto@poltekba.ac.id <h1><a name="_Toc174012900"></a>ABSTRAK</h1> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Penajam.</p> <p>Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi Penelitian ini adalah seluruh nasabah yang di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Penajam. Sampel penelitian ini berjumlah 322 responden, metode pengambilan sampel yaitu teknik <em>Probability Sampling</em> dengan jenis <em>Simple Random Sampling</em>. Pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket. Hasil penelitian menujukkan bahwa Kualitas Jasa Layanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Bukti Fisik, Kehandalan, Jaminan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan Daya Tanggap dan Empati secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Septia, dkk (2023). Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel lain dan sampel yang lebih banyak. Untuk objek penelitian diharapkan dapat memperhatikan dan meningkatkan lagi pelayanan agar nasabah merasa lebih puas lagi terhadap pelayanan yang telah diberikan.&nbsp; &nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan </strong><strong>Kepuasan Nasabah.</strong></p> <h1><a name="_Toc174012901"></a><em>ABSTRACT</em></h1> <p><em>This research aims to analyze the influence of service quality on customer satisfaction at PT Pegadaian (Persero) Penajam Branch. </em></p> <p><em>This research was conducted using quantitative methods. The population of this research is all customers at PT. Pegadaian (Persero) Penajam Branch. The sample for this research consisted of 322 respondents, the sampling method was the Probability Sampling technique with the Simple Random Sampling type. Data collection uses questionnaires or questionnaires. The research results show that Service Quality simultaneously has a positive and significant effect on Customer Satisfaction. Tangible, Reliability, Assurance partially have a positive and significant effect on Customer Satisfaction. Meanwhile, responsiveness and empathy partially have no effect on customer satisfaction. The results of this research are in line with previous research conducted by Septia, et al (2023). It is hoped that future researchers will add other variables and a larger sample. The research object is expected to pay attention to and improve services so that customers feel more satisfied with the services provided.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Keywords: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and </em></strong><strong><em>Customer Sat</em></strong><strong><em>isfaction.</em></strong></p> 2024-12-10T09:21:43+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP) https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/439 PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN KEBERLANGSUNGAN USAHA UMKM DI BALIKPAPAN (STUDI KASUS UMKM DI KELURAHAN SEPINGGAN BARU) 2024-12-02T15:32:44+07:00 Eka Rahmahyanti ekarahmah06@gmail.com Ramli Ramli ramli@poltekba.ac.id Sisca Santika sisca.santika@poltekba.ac.id <p>ABSTRACT<br>This research was conducted to determine and analyze the influence of financial literacy <br>on the financial performance and business sustainability of MSMEs in Balikpapan (Case Study of <br>MSMEs in Sepinggan Baru Village). This research is a type of quantitative research. The <br>population in this study were MSMEs in Sepinggan Baru Village, totaling 681 MSMEs. <br>Researchers took samples using a sampling technique based on the Slovin formula as many as 252 <br>respondents. The type of data used is primary data sourced directly from respondents which is <br>presented in the form of a Likert scale. Data analysis in this research uses descriptive analysis <br>methods with the help of the Partial Least Square (PLS) application with the SmartPLS version 3.0 <br>program. The results of this research were obtained using the PLS Evaluation Model to show the <br>influence of Financial Literacy on the Financial Performance and Business Sustainability of <br>MSMEs in Sepinggan Baru Village. Financial performance and business sustainability are two <br>variables that influence financial literacy.<br>Keywords: Financial Literacy, Financial Performance and Business Sustainability<br>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Literasi <br>Keuangan terhadap Kinerja Keuangan dan Keberlangsungan Usaha UMKM di Balikpapan (Studi <br>Kasus UMKM di Kelurahan Sepinggan Baru). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.<br>Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kelurahan Sepinggan Baru yang <br>berjumlah 681 UMKM. Peneliti mengambil sampel dengan teknik penentuan sampel berdasarkan <br>rumus Slovin sebanyak 252 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang <br>bersumber langsung dari responden yang disajikan dalam bentuk skala likert. Analisis data dalam <br>penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan bantuan aplikasi Partial Least <br>Square (PLS) dengan program SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini didapatkan dengan <br>menggunakan Evaluasi Model PLS untuk menunjukkan Pengaruh Literasi Keuangan berpengaruh <br>terhadap Kinerja Keuangan dan Keberlangsungan Usaha UMKM di Kelurahan Sepinggan Baru. <br>Kinerja Keuangan dan Keberlangsungan Usaha merupakan dua variabel yang berpengaruh <br>terhadap Literasi Keuangan.<br>Kata Kunci: Literasi Keuangan, Kinerja Keuangan dan Keberlangsungan Usaha</p> 2024-12-02T15:32:43+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP) https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/438 PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA BALIKPAPAN (STUDI KASUS UMKM DI KELURAHAN WILAYAH GUNUNG SAMARINDA BARU) 2024-12-02T15:30:51+07:00 Lailla Farras Fauziah Irani iranilailla@gmail.com Sisca Santika sisca.santika@poltekba.ac.id Kety Lulu Agustin kety.lulu@poltekba.co.id <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This research was influenced by the Covid-19 pandemic which has had a broad impact in requiring all Indonesian citizens to practice social distancing and follow Large-Scale Social Restrictions (PSBB) without exception. The aim of this research is to determine the positive influence of Digital Marketing on increasing MSME income in Balikpapan City. This research uses a quantitative approach, with data produced in the form of numbers. The population in this study was 238 Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The sampling formula used was the Slovin formula to obtain 150 respondents who had implemented Digital Marketing. The analysis method used is the SEM-PLS (Partial Least Square) method using SmartPLS 3.0 software. The results of this research show that Digital Marketing has a positive effect on the income of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Gunung Samarinda Baru Village area.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords: Digital Marketing, Income, and Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs)</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em>Penelitian ini dipengaruhi oleh Pandemi <em>Covid-19</em> telah menyebabkan dampak yang luas di mewajibkan semua warga Indonesia untuk menjalankan <em>social distancing</em> dan mengikuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tanpa pengecualian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif <em>Digital Marketing</em> terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data yang dihasilkan dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 238 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Rumus <em>sampling</em> yang digunakan adalah rumus <em>slovin</em> sehingga memperoleh sebanyak 150 responden yang telah menerapkan <em>Digital Marketing</em>. Metode analisis yang digunakan adalah metode SEM-PLS <em>(Partial Least Square) </em>dengan menggunakan <em>software SmartPLS</em> 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Digital Marketing </em>berpengaruh positif terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kelurahan Gunung Samarinda Baru.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: <em>Digital Marketing</em>, Pendapatan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).</strong></p> 2024-12-02T15:29:18+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP)