ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI MOBILE BANKING/BRIMO TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA (Studi Kasus: PT.Bank Rakyat Indonesia Unit Mt Haryono)
Abstract
ABSTRACT
This research aims to analyze the influence of service quality and ease of mobile banking/BRI Mobile transactions on Bank Rakyat Indonesia customer satisfaction. The sample for this research consisted of 100 respondents with a simple random sampling method using the Slovin formula. This research uses a multiple linear regression analysis method which is processed via SPSS and uses a survey method, namely a questionnaire with a Likert scale of 1 to 5. The data analysis technique uses research instrument tests which consist of validity and reliability tests, classic assumption tests, namely normality tests, test multicollinearity, heteroscedasticity test, multiple linear regression test, coefficient of determination, and hypothesis testing including f-test and t-test. The results of this research show that simultaneously there is an influence on the quality of mobile banking services and ease of transactions on customer satisfaction in using BRI Mobile. Meanwhile, partially the quality of service and ease of transactions have a significant effect on customer satisfaction in using BRI Mobile.
Keywords: Service Quality, Ease of Transactions, Customer Satisfaction
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kemudahan bertransaksi mobile banking/BRI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan metode simple random sampling menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda yang diolah melalui SPSS dan menggunakan metode survey yaitu kuesioner dengan skala likert 1 sampai 5. Adapun teknik analisis data menggunakan uji intrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis meliputi uji-f dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh kualitas layanan mobile banking dan kemudahan transaksi terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan BRI Mobile. Sedangkan secara parsial kualitas layanan dan kemudahan transaksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan BRI Mobile.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepuasan Nasabah
References
Azizzah, N. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Fitur Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Muamalat Din. Skripsi Ekonomi.
Fransiska, C. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Penggunaan Aplikasi . Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 11 No 2.
Ghisca, S. (2023). Pengertian kemudahan bertransaksi. https://www.kompas.com/skola/read/2023/08/29/160000269/pengertian-kemudahan-transaksi-dan-indikatornya
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (I. M. L. M. Jaya, Ed.).
Lestari, I. A. (2022). Persepsi Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kemudahan Bertransaksi. Jurnal Akuntansi, Vol 2.
Mandiri, A. C. dkk. (n.d.). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan BRI Mobile (BRIMO). . Jurnal Akuntansi, Vol 8 No 1.
Nurhanifa, A. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan (Usability) Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pengguna BRI Mobile (BRIMO) DI Bandar Lampung. . Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Yulianti, H. D. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking, Fitur Aplikasi, dan Kemudahan Transaksi Terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi Ekonomi Dan Bisnis.