PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFOMING LOAN (NPL) TERHADAP ROA PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL (BUSN) DEVISA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021

  • Farida Maratus Solihah Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ida Suriana Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Non Performing Loan

Abstract

ABSTRACT

This research was conducted to examine the financial ratios Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) and Non Performing Loan (NPL) have a simultaneous or partial effect on Return on Assets (ROA) at National Private Commercial Banks (BUSN). Foreign exchange listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017-2021 period. The data used in this study was obtained from the Annual Report published by the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the period 2017-2021. The researcher used data analysis techniques with the statistical application of IBM SPSS Statistics 25. Simultaneous research results show that CAR, LDR and NPL have a simultaneous effect on ROA. Furthermore, CAR and LDR have no partial effect on ROA. The results of this study support the research of Pricilla, et al (2021) and Sri, et al (2019) CAR and LDR have no effect on ROA. While the NPL partially negative and significant effect on ROA. The results of this study support the research of Fauziah (2021) that NPL has a negative and significant effect on ROA.

Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL) and Return on Assets (ROA).

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti rasio-rasio keuangan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap Return on Assets (ROA) pada Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Annual Report yang diterbitkan oleh Indonesia Stock Exchange (IDX) selama periode 2017-2021. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan aplikasi statistik IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa CAR, LDR dan NPL berpengaruh secara simultan terhadap ROA. Selanjutnya, CAR dan LDR tidak berpengaruh secara parsial terhadap ROA. Hasil penelitian ini mendukung penelitian Pricilla, dkk (2021) dan Sri, dkk (2019) CAR dan LDR tidak berpengaruh terhadap ROA. Sedangkan NPL berpengaruh negatif dan signifikan secara parsial terhadap ROA. Hasil penelitian ini mendukung penelitian Fauziah (2021) bahwa NPL berpengaruh negatif dan signifikan terhadap terhadap ROA.

Kata Kunci:  Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL) dan Return on Assets (ROA).

References

Al, Brigham et. (2001). Manajemen Keuangan Buku 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Alfian, & Pratiwi. (2021). Pengaruh CAR, BOPO, NPL dan LDR terhadap ROA pada PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) TBK. Vol 23 No 2, Juli 2021, .
Baramuli, W. E. (2020). Pengaruh car, npl, nim, bopo, ldr terhadap return on asset (roa) (studi . Emba Vol.8 No.3 Juli 2020, 342-352.
Barasa, & Hikmah. (2021). Pengaruh CAR, LDR dan NPL Terhadap ROA Pada Bank Umum Konvensional Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Bursa Efek Indonesia. (2021). Retrieved from Laporan Keuangan dan Tahunan: http://www.idx.co.id
Daniel Nugroho, M. M. (2019). Pengaruh CAR, BOPO, NIM, DAN NPL Terhadap ROA Industri Bank Umum Swasta Nasional Buku 3 Periode 2014-2018. Vol.7 No.3 Juli 2019, 4222-4229.
Dwi Kumala Safitri, Gatot Heru Pranjoto. (2021). Pengaruh CAR, LDR, BOPO, dan Size Terhadap ROA pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI 2015-2019, Vol. 1 No.2 Juni 2021, hlm. 160-167.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gladis Anindiansyah, dkk. (2020). Pengaruh car, npl, bopo, dan ldr terhadap roa dengan nim sebagai variabel intervening (studi pada bank yang go publik di bursa efek indonesia periode tahun 2015-2018), : 978-979.
Grilseda, & Riyadi. (2021). Pengaruh CAR, LDR, KAP dan NPL terhadap ROA Bank Go Public yang terdaftar di BEI. Vol 11, No 1, 53 - 67.
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nadi Hernadi Moorcy. (2017). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Cakrawala Budaya.
Nanin Diana Hediati, Nanu Hasanuh. (2021). Pengaruh capital adequacy ratio, non performing loan dan biaya operasional pendapatan operasional terhadap return on assets . Volume 4 Nomor 2.
Pinasti, W. F. (2018). Pengaruh car, bopo, npl, nim dan ldr terhadap profitabilitas bank umum periode 2011-2015. Jurnal nominal Vol.7 2018.
Pranjoto, D. K. (2021). Pengaruh CAR, LDR, BOPO, dan Size Terhadap ROA pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI 2015-2019. Vol. 1 No.2 Juni 2021, 160-167.
Pratami, A. F. (2021). Pengaruh CAR, LDR, dan Inflasi terhadap ROA pada Bank Umum yang Terdaftar di BEI. Vol. 1, No. 2, March 2021, 410 – 418.
Putri Warsa, P. W. (2017). Pengaruh car, ldr dan npl terhadap roa pada sektor perbankan di bursa efek indonesia, Vol. 5, No. 5: 2842 - 2870 .
Sadi’yah, M. P. (2021). Pengaruh LDR, BOPO, dan NPL terhadap ROA pada BUSN Devisa Terdaftar di BEI Periode 2014-2018 . Vol. 1, No. 2, March 2021, 295 – 305.
Sudirman. (2013). Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taswan. (2017). Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Widyastuti, P. F. (2021). Pengaruh car, npl, ldr terhadap profitabilitas bank (roa) tahun 2017-2019, Vol : 12 No : 03.
Published
2023-11-03
How to Cite
Solihah, F. M., Suriana, I., & Ismawanto, T. (2023). PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFOMING LOAN (NPL) TERHADAP ROA PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL (BUSN) DEVISA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 5(1), 61-71. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/362