PENGARUH CAPITAL ADEQUECY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK KONVENSIONAL PERIODE 2014-2020

  • Tania Ulin Putri Hapsari POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dessy Handa Sari POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Capital Adequecy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Return On Asset, Penyaluran Kredit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Capital Adequecy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap Penyaluran Kredit. Data diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode 2014-2020. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 45 bank dengan sampel 8 bank dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai hubungan antar variabel satu dengan variabel lainnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji simultan (F) menunjukkan bahwa Capital Adequecy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Asset (ROA) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit. Berdasarkan hasil uji parsial (t) menunjukkan bahwa Capital Adequecy Ratio (CAR) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit, Return On Asset (ROA) secara parsial berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Sedangkan Loan To Deposit Ratio (LDR) secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap penyaluran kredit.

References

B.N. Ajuha. Dalam buku Malayu. 2017. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (1999). Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ghozi, Saiful dan Aris Sunindyo. 2016. Statistik Deskriptif untuk Ekonomi. Yogyakarta: DEEPUBLISH
Kasmir. (2016). “Analisis Laporan Keuangan.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Massardi, S. C. (2019). Pengaruh DPK, CAR, ROA, LDR dan NPL terhadap Pemberian Dana Kredit Perbankan di Negara Indonesia dan Singapura. Artikel Ilmiah, STIE Perbanas, Surabaya.
Putri, Y. M., & Akmalia, A. (2016). Pengaruh CAR, NPL, ROA, dan LDR Terhadap Penyaluran Kredit pada Perbankan (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Balance, XIII(2)
Riswana, P. P., Soebroto, N. W., & Suriana, I. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Return on Assets (ROA) terhadap Penyaluran Kredit (Studi Kasus pada Bank BUMN 72 Periode Tahun 2011-2018). Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP).
Sa'adah, N. (2018). Pengaruh DPK, CAR, NIM, ROA, dan LDR terhadap Penyaluran Kredit BUSN Devisa dan Non-Devisa yang Terdaftar di BEI. Artikel Ilmiah, STIE Perbanas, Surabaya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Published
2021-12-27
How to Cite
Hapsari, T. U. P., Suriana, I., & Sari, D. H. (2021). PENGARUH CAPITAL ADEQUECY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK KONVENSIONAL PERIODE 2014-2020. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 84-93. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/253