ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN NASABAH DAN LOKASI USAHA TERHADAP MINAT TRANSAKSI NASABAH AGEN BRILINK

  • Evi Shahdina Ayu Ningtyas Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ramli Politeknik Negeri Balikpapan
  • Dessy Handa Sari Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Lokasi, Minat Transaksi

Abstract

ABSTRACT
This study is entitled Analysis of service quality, customer satisfaction and business
location on the transaction interest of BRILink agent customers (Case study: PT. Bank Rakyat
Indonesia Balikpapan Permai Unit). This research is a type of quantitative research The researcher
took samples with a sample determination technique based on the Slovin formula as many as 100
respondents and this study also using the probability sampling technique, namely Random
sampling. The type of data used in this study is primary data presented in the form of a Likert scale.
Data analysis in this study uses a descriptive analysis method with the help of the Statiscical
Product and Service Solutions SPSS version 26 application. The results of this study show that the
t-test: (1) Service Quality has a significant effect on customer transaction interest. (2) Customer
satisfaction has a significant effect on transaction interest. And (3) Location affects customer
transaction interest.
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Location, TransactionInterest

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Analisis kualitas pelayanan, kepuasan nasabah dan lokasi usaha
terhadap minat transaksi nasabah agen BRILink (Studi kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia Unit
Balikpapan Permai). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. teknik penentuan sampel
berdasarkan rumus slovin sebanyak 100 responden dan Penelitian ini juga menggunakan teknik
probability sampling yaitu Random sampling.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer yang disajikan dengan bentuk skala likert. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode analisis deskriptif dengan bantuan aplikasi Statiscical Product and Service
Solutions SPSS versi 26. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa uji t: (1) Kualitas Pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap minat transaksi nasabah. (2) Kepuasan nasabah berpengaruh
signifikan terhadap minat transaksi. Dan (3) Lokasi berpengaruh terhadap minat transaksi nasabah.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Lokasi, Minat Transaksi

References

Daftar Pustaka
Furqanuki. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Good Corporate Govermance (GCG)
terhadap Minat Transaksi di Bank Islam (Studi Kasus di Bandar Park Land, Slangor,
Malaysia). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3059–3069.
Herlina, L. (2021). Analisis layanan, kepercayaan, dan kepuasan masyarakat dalam meningkatkan
pendapatan yang diperoleh agen brilink skripsi.
Indonesia, P. B. R. (2021). Profil PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Bank BRI, 51.
https://bri.co.id/o/com.BRI.corporate.website.ebook.reader.web/pdfviewer.html?read=/documents/20123/56789/CP_Bank_BRI_27Juni.pdf
Aida, N. R. (2023). Ramai soal Setor Tunai di Bawah Rp 5 Juta di BRI, Masihkah Bisa Dilayani
LewatTeller?
Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The theory of planned behavior: Selected recent
advances and applications. Europe’s Journal of Psychology, 16(3), 352–356.
https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107
Damayanti, D., Putro, N. P., & Riauwanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Laku Pandai
(Brilink) Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Keuangan. Jurnal Riset
Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 510–520. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.483
Sugiarto. (2023). PENGARUH PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI USAHA BRILINK
TERHADAP MINAT TRANSAKSI MASYARAKAT DI DESA LAPULU
KECAMATAN TINANGGEA. Angewandte Chemie International
Edition, 6(11), 951–952., 4(1), 1–23.
SUSENDRA, I. (2018). Analisa Layanan Agen Brilink Bri Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas
Nasabah Pada Pt Bank Rakyat Indonesia(Persero) Kantor Cabang Bandung Setiabudi.
Analisa Layanan Agen Brilink Bri Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada Pt
Bank Rakyat Indonesia(Persero) Kantor Cabang Bandung Setiabudi, 55, 1–95.
Fironica, S. (2020). Pengaruh Kelas Sosial, Jaminan Rasa Aman, Dan Lokasi Terhadap Minat
Transaksi Di Bank Bri Syari’ah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Padang Nangka Kota
Bengkulu). 1–96. http://repository.radenintan.ac.id/5564/
Mufidah, I. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Bank Terhadap MinatTransaksi Di Bri
Syariah Kc Purwokerto Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto.
Skripsi, 1996, 6
Published
2024-09-02
How to Cite
Shahdina Ayu Ningtyas, E., Ramli, R., & Sari, D. H. (2024). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN NASABAH DAN LOKASI USAHA TERHADAP MINAT TRANSAKSI NASABAH AGEN BRILINK . Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 6(1), 40-47. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/437

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>