Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham Pada Bank Swasta yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

  • Listy Febri Nur Adinda POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Nurul Musfirah Khairiyah POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Loan to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, Return On Equity, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Pada Bank Swasta yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan deskriptif. Penelitian ini berfokus kepada laporan keuangan Bank Swasta periode 2016-2020. Populasi yang berada pada penelitian ini merupakan seluruh Bank Swasta yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel yang digunakan pada penelitian ini hanya berjumlah 19 Bank Swasta. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari Annual Report yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2020. Hasil penelitian dengan menggunakan uji simultan (Uji F) bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Hasil penelitian dengan menggunakan uji parsial (Uji t) bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, kemudian Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. 

References

Brigham, E., & J. F., H. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Fahlevi, R., Asmapane, S., & Oktavianti, B. (2018). Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia. Akuntabel, 15, 39-48.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Naufal, M., Mahardika, D., & Naufal, M. (2019). Pengaruh Return On Equity (ROE), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR). eProceedings of Management, 6(2).
Rokhmatussa'dyah, A., & Suratman. (2015). Hukum Investasi & Pasar Modal . Jakarta: Sinar Grafika .
Rosyid, P., & Irawan Noor, M. (2018). Effect of Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) and Return on Equity (ROE) on Share Price PT Bank Danamon Indonesia, TBK. International Journal of Business and Applied Social Science, 4(1), 87-101.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2022-01-02
How to Cite
Adinda, L. F. N., Suriana, I., & Khairiyah, N. M. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham Pada Bank Swasta yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 276-288. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/270