ANALISIS SWOT PEGADAIAN DIGITAL SERVICE STUDI KASUS PADA NASABAH PEGADAIAN CABANG MANGGAR

  • Cecep Gunawan Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dito Rozaqi Arazy POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Analisis SWOT, Pegadaian Digital Services

Abstract

ABSTRACT
The purpose of this research is to determine the Strenght (strength), Weakness
(weakness), Opportunity (opportunity), Threats (threats) that exist in the Pegadaian Digital
Service application at Pawnshop Manggar Balikpapan Branch by using SWOT analysis, using
qualitative methods. The results of this study are the application has a fairly good Strength
(strength), namely: the PDS application is very efficient in transactions which helps with the
features that are often used by customers in transactions, Weakness (weaknesses) namely
complaints from PDS application users regarding several features What must be added is the
Opportunities (opportunities) that are owned, namely: the use of Smartphones is increasing and
is supported by increasingly rapid technological developments, and for existing Threats, namely:
namely the existence of other digital transaction applications that become competitors because
they have functions and the same features as the PDS application it is hoped that the Manggar
branch of Pegadaian will increase the socialization of the use of PDS to customers and further
research is expected to delve deeper into research on SWOT analysis on the use of digital
applications.
Keywords: SWOT analysis, Pegadaian Digital Service Application


ABSTRAK
Tujuan peneleitian ini untuk mengetahui Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan),
Opportunity (peluang), Threats (ancaman) yang ada pada aplikasi Pegadaian Digital Service di
Pegadaian Cabang Manggar Balikpapan dengan menggunakan analisis SWOT, menggunakan
metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi memiliki Strenght (kekuatan) yang
cukup baik, yaitu : aplikasi PDS sangat efesien dalam bertransaksi yang membantu dengan
adanya fitur-fitur yang sering digunakan nasabah dalam bertransaksi, Weakness (kelemahan)
yaitu keluhan dari pengguna aplikasi PDS mengenai beberapa fitur yang memang harus
ditambahkan, Opportunity (peluang) yang dimiliki yaitu: penggunaan Smartphone semakin
meningkat dan di dukung dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan untuk
Threats (ancaman) yang ada yaitu: yaitu adanya aplikasi transaksi digital lainnya yang menjadi
pesaing karna mempuyai fungsi dan fitur-fitur yang sama dengan aplikasi PDS, Diharapkan
Pegadaian cabang Manggar meningkatkan sosialiasi penggunaan PDS terhadap nasabah serta
dipenilitian selanjutnya diharapkan untuk lebih mendelami penlitian mengenai analisis SWOT
pada penggunaan aplikasi digital.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Aplikasi Pegadaiann Digital Service

References

Hafiz, A. (2018). Analisis Swot Layanan Mobile Banking Pada 1439 H / 2018 M Analisis Swot Layanan Mobile Banking 1439 H / 2018 M. 12.
Hasna Wiyati. (2019). Panduan Analisis SWOT. Quadrant.
Karnawijaya, N., & Rokhaniyah, S. (2021). Pegadaian Digital Service. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 708–725. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.718
Lestari, P., & Sunarwan, A. (2021). Analisis Swot Digital Banking Di Bri Syariah Kcp Tulang Bawang Barat. Judul Finansia Vol, 4(1).
Https://Doi.Org/10.32332/Finansia.Vxxixx.Xxxx
Marpaung, N. M. (2021). Analisis Swot Terhadap Merger Bank Mandiri Syariah, Bank Bri Syariah Dan Bni Syariah Menjadi Bank Syariah Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ryzki Wiryawan, M., & Amalia Hidayati Sulaiman, C. (2019). JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi) Analisis SWOT Pada Layanan Jasa Mobile Banking Di PT Bank Panin Dubai Syariah.
Subaktilah, Y. (2018). Analisis SWOT: Faktor Internal Dan Eksternal Pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu. Jurnal Agroteknologi, Vol. 12 No. 02.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Riyana, M. S. (2021). Studi Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service dengan
Pendekatan Tam 2 Terhadap Minat Investasi Tabungan Emas. Studi Penggunaan
Aplikasi Pegadaian Digital Service Dengan Pendekatan Tam 2 Terhadap Minat Investasi Tabungan Emas, 1, 1–98.
Published
2022-12-20
How to Cite
Gunawan, C., Suriana, I., & Arazy, D. R. (2022). ANALISIS SWOT PEGADAIAN DIGITAL SERVICE STUDI KASUS PADA NASABAH PEGADAIAN CABANG MANGGAR. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 4(1), 159-167. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/386