PENGARUH PRODUK DAN LOKASI TERHADAP MINAT NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH INDONESIA
Abstract
This research aims is to examine the influence of product and location towards customer interest in choosing Bank Syariah Indonesia at Bank Syariah Indonesia Soekarno Hatta Branch Office. This research uses quantitative descriptive research, the research location for this final assignment is Balikpapan City. This research used a sampling method with a total of 392 respondents who were customers of Bank Syariah Indonesia, who expressed their opinions in a research questionnaire as a data collection method. In processing the data, using Smart PLS application programs. The variables used are product (X1), location (X2), and customer interest (Y). The data analysis techniques used are descriptive data analysis, validity and reliability testing, hypothesis testing and the influence between variables. The result of this research is Product (X1) has a positive impact to the Customer Interest (Y), and Location (X2) has the same positive impact to the Customer Interest (Y) variable.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari produk dan lokasi terhadap minat nasabah memilih Bank Syariah Indonesia pada Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, lokasi penelitian tugas akhir ini berada pada Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode sampling dengan total 392 responden yang merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia, yang menuangkan pendapatnya pada sebuah angket penelitian sebagai metode pengumpulan data. Pengolahan data menggunakan bantuan program dari aplikasi SmartPLS 3.0. Variabel yang digunakan produk (X1), lokasi (X2), dan minat nasabah (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif data, uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis dan pengaruh anta r variabel. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel Produk (X1) secara parsial berpengaruh secara positif terhadap variabel Minat Nasabah (Y), dan variabel Lokasi (X2) secara parsial juga terbukti berpengaruh secara positif terhadap Minat Nasabah (Y).
References
[2] M. Rusdi, Sunarti, and N. Fadillah, “Perbankan Konvensional Versus Perbankan Syariah dalam Realitas Sosioligisnya,” J. Publ., vol. 1, no. 1, p. 3, 2019.
[3] M. Masruron and N. Safitri, “Analisis Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Al Birru, vol. I, no. 1, p. 3, 2021.
[4] V. Sultania, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Fatmawati,” (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta), 2019.
[5] A. Kaukab, “Pengaruh Lokasi, Promosi, Produk Dan Religius Stimuli Terhadap Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Kota Palopo,” (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Palopo), Palopo, 2021.
[6] F. Halim et al., Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis, 2021.
[7] A. Aziz, Manajemen Produk Efektif dan Efisiensi Produk. Eureka Media Aksara, 2022.
[8] Hidayati and Nurfitriani, “Pengaruh Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Kcp Polewali,” J. Manaj. dan Perbank. Syariah, vol. 3, p. 132, 2021, doi: 10.35905/banco.v3i2.5223.
[9] Finansial.bisnis.com, “BSI (BRIS) Mau Tutup 60 Kantor Cabang di 2022. Ini Alasannya,” https://finansial.bisnis.com/read/20211102/90/1460944/bsi-bris-mau-tutup-60-kantor-cabang-di-2022-ini-alasannya. Accessed: Feb. 11, 2024. [Online]. Available: https://finansial.bisnis.com/read/20211102/90/1460944/bsi-bris-mau-tutup-60-kantor-cabang-di-2022-ini-alasannya