ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN BNI TAPLUS (Studi Kasus PT Bank Negara Indonesia KCU Sudirman Balikpapan)
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the marketing strategy at Bank Negara Indonesia Sudirman Balikpapan Branch. This study uses a qualitative method with a descriptive approach and is analyzed using a SWOT analysis by interviewing bank employees, namely Marketing and Customer Service. This research supports Muyassarah (2019) with the same results, namely the company uses a 7P marketing strategy and a pick-up-ball promotion strategy. With this, the authors hope that Bank Negara Indonesia Sudirman Balikpapan branch establishes a new business strategy that is more effective and efficient in making new innovations in order to compete with digital banks and improve promotional strategies in marketing BNI Taplus savings.
Keywords: Marketing Strategy, Marketing Mix, SWOT Analysis, SWOT Matrix Analysis
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Bank Negara Indonesia KCU Sudirman Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa menggunakan analisis SWOT dengan mewawancarai pegawai bank yaitu Marketing dan Customer Service. Penelitian ini mendukung hasil penelitian dari Muyassarah (2019) dengan hasil yang sama, yaitu perusahaan menggunakan strategi pemasaran 7P dan strategi promosi jemput bola. Dengan ini penulis berharap agar Bank Negara Indonesia KCU Sudirman Balikpapan menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efektif dan efisien, membuat inovasi baru agar bisa bersaing dengan bank digital serta meningkatkan strategi promosi dalam memasarkan tabungan BNI Taplus.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Marketing Mix; Analisis SWOT; Analisis Matriks SWOT
References
Amelia, R., Lestari, I., & Nasib. (2019). Keuangan & Perbankan. Bandung: Cv. Sadari.
Anggraeni, D., & Herlinawati, E. (2019). Analisis Model Pembiayaan Umkm Melalui Peran Lembaga Keungan Mikro. Journal Image, 21-27.
Bni.co.id. (2022). Produk Simpanan BNI. https://bni.co.id/id-id/personal-id
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 56-72.
Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Fatimah, F. D. (2020). Teknik Analisis Swot Pedoman Menyusun Strategi Yang Efektif & Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Febriansyah, R., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Analisis Swot Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah Di Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah , 62-73.
Fitri, R., & Murtani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Mambrur Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Kc Setia Budi Medan. Jurnal Feb, 91-102.
Hasan, N. I. (2014). Pengantar Perbankan. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keungan Lainnya Edisi Revisi 2014. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo (Lpsp).
Mokoginta, A. A., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Tabungan Pada Pt Prudential Cabang Manado. Emba, 4349-4357.
Mughni, J. A. (2019). Analisis Swot Pemasaran Produk Pembiayaan Kepemilikan Emas Di Bjb Syariah Kantor Cabang Pembantu Bantar Kalong. Junal Edukasi Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi, 7-12.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Upn.
Muyassarah. (2019). Analisis Swot Pada Strategi Pemasaran Produk Simpanan Kurban Di Kspps Bmt Nu Sejahtera Cabang Jepara. Serambi, 70-80.
Ojk.go.id. (2017). Pengertian Bank.https://ojk.go.id/id/kanal/perbankan
Putri, T.R.B. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana
Rahim, A. R., & Radjab, E. (2017). Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Perpustakaan Dan Penerbit Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rangkuti, Freddy. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.