ANALISIS PENERAPAN LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM KEMUDAHAN BERTRANSAKSI
Abstract
This study aims to analyze the application of the Pegadaian Digital Service (PDS) application service in the convenience of transactions at PT Pegadaian (Persero) Kampung Baru Branch. By using qualitative methods and a case study approach, the results show that the implementation of PDS provides convenience and efficiency in online transactions for customers. Although there are obstacles such as low technological literacy and system disruptions, Pegadaian continues to strive to improve customer understanding and satisfaction through education and improving application features. The impact of this PDS implementation is an increase in customer satisfaction who feel more practical and efficient in transactions. This research supports previous findings which show that the PDS application is considered effective and practical because it can be accessed anytime and anywhere without having to come to the outlet. The implementation of PDS application services at PT Pegadaian (Persero) Kampung Baru Branch has proven to be efficient and effective, fulfills the main dimensions of E-ServQual (Efficiency, Fulfillment, System Availability, and Privacy), and increases customer satisfaction and loyalty.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan layanan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dalam kemudahan bertransaksi di PT Pegadaian (Persero) Cabang Kampung Baru. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PDS memberikan kemudahan dan efisiensi dalam transaksi online bagi nasabah. Meskipun terdapat kendala seperti rendahnya literasi teknologi dan gangguan sistem, Pegadaian terus berupaya meningkatkan pemahaman dan kepuasan nasabah melalui edukasi dan penyempurnaan fitur aplikasi. Dampak dari penerapan PDS ini adalah peningkatan kepuasan nasabah yang merasa lebih praktis dan efisien dalam bertransaksi. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa aplikasi PDS dinilai efektif dan praktis karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke outlet. Penerapan layanan aplikasi PDS di PT Pegadaian (Persero) Cabang Kampung Baru terbukti efisien dan efektif, memenuhi dimensi utama E-ServQual (Efficiency, Fulfillment, System Availability, dan Privacy), lalu meningkatkan kepuasan serta loyalitas nasabah.
References
Fachruzi, A. S., Naatonis, R. N., & Igon, S. S. (2020). Analisis Penerapan Sistem Informasi Aplikasi Pegadaian Digital Service dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi (Studi Kasus Pegadaian Unit Betun). Jurnal Teknologi Informasi, 12(2), 52–62.
Fadhilah, J. R., & Putri, N. E. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service di Pegadaian cabang Tarandam kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2501/http
Oktavia, T., Mela Karina, L., Zaki, H., Laura Hardilawati, W., Fikri, K., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Muhammadiyah Riau, U. (2023). Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Dalam Mempermudah Pelayanan Transaksi Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(2).
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (M. Sandra, Ed.; 3rd ed.). Ar-Ruzz Media.
Putri, P. S., & Supriadi, Y. (2022). Penerapan Sistem Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Pagelaran. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1378
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf
Siregar, W. S., Habra, M. D., Wulandari, S., Ekonomi, F., Muslim, U., Al Washliyah, N., Kunci, K., & Layanan, K. (2022). Peran Layanan Aplikasi Pegadaian Digital Service dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Pegadaian Cabang Helvetia. JIMK : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 39–45.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat eksploratif, interaktif, dan kontruktif) (S. Y. Suryandari, Ed.; 3rd ed.).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta Bandung.
Suwandi, S. S. S., & Abin, Moh. R. (2023). Peran Penggunaan BSI Mobile Banking dalam Kemudahan Bertransaksi di Era Society 5.0 (Study Kasus Masyarakat Desa Pelem Campurdarat). Journal of Management Small and Medium Enterprises (SME’s), 16(2), 237–246.