ANALISIS MOTIVASI NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK MENJADI AGEN BRILINK DI KELURAHAN BATU AMPAR KOTA BALIKPAPAN

  • Kresmaa Ilahi Politeknik negeri Balikpapan
  • Ida Suriana POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dito Rozaqi Arazy POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Motivasi, Nasabah, Agen BRILink

Abstract

ABSTRACT

This research is a descriptive qualitative research. The purpose of this study was to determine the main motivation of BRI customers to become BRILink agents in Batu Ampar village, Balikpapan City. This research obtained primary data. The data was obtained from the interview and documentation method by the author which was carried out to the resource persons of the BRILink Agent in Batu Ampar Village. The results of this study support previous research conducted by Hidayah (2020) and Risnawati (2018) which stated that in general the motivation of BRI customers to become BRILink agents is divided into three, namely economic motivation, social motivation and achievement motivation. By becoming a BRILink agent, agents can increase their income from the fees set in every transaction made by the customer. From ten interviewees it was found that they became BRILink agents only as a side business from their regular jobs. In addition, seeing the opportunity that everyone definitely needs banking services, this is the motivation for customers to become BRILink agents.

Keywords : blended , mobile , web based learning

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui motivasi utama nasabah BRI menjadi agen BRILink di kelurahan Batu Ampar Kota Balikpapan. Dalam penelitian ini peneliti memperoleh data primer. Data tersebut diperoleh dari metode wawancara dan dokumentasi oleh penulis yang dilakukan kepada narasumber narasumber Agen BRILink di Kelurahan Batu Ampar. Hasil penelitian ini mendukung penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Hidayah (2020) dan Risnawati (2018) yang menyatakan  bahwa secara umum motivasi nasabah BRI menjadi agen BRILink terbagi menjadi tiga, yaitu motivasi Ekonomi, motivasi Sosial dan motivasi Berprestasi.  Dengan menjadi agen BRILink, agen dapat menambah penghasilan dari biaya yang ditetapkan dalam setiap transaksi yang dilakukan nasabah. Dari sepuluh orang yang diwawancarai diketahui bahwa mereka menjadi agen BRILink hanya sebagai usaha sampingan dari pekerjaan tetap mereka. Selain itu, melihat peluang bahwa semua orang pasti membutuhkan layanan perbankan hal ini menjadikan alasan motivasi nasabah untuk menjadi agen BRILink.

Kata Kunci : Motivasi, Nasabah , Agen BRILink

References

Anita, G. (2019). Analisis Implementasi Pengembangan Agen Brilink Dalam Mendukung Perekonomian Masyarakat. Skripsi
Ayu, S., Nina, T., & Pratama, V. Y. (2021). Analisis Motivasi Pinjaman Nasabah Pada Rentenir Berdasarkan Prinsip Pembiayaan Syariah. Velocity, 1(1), 1–9
Bank Indonesia. 1998. Undang -Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Terhadap UU Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Jakarta
Cahyaningrum, D. (2016). Perlindungan Nasabah Penyelenggara Laku Pandai : Studi Perlindungan Nasabah Laku Pandai Bca Di Jawa Tengah Dan Bri Di Papua.
Darodjat Tubagus Achmad. (2015). Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Jakarta: Refika Adimata.
Danaliya Hediati Pratiwi. (2020). Analisis Motivasi Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Lamongan).
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hery. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: Pt Grasindo.
Hidayah, N. H. (2020). Analisis Motivasi Nasabah Bri Menjadi Agen Brilink Di Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Uin Mataram.
Kumalasari, R. (. (2018). Perlindungan Hukum Nasabah Pengguna Layanan Agen Brilink Pada Kegiatan Perbankan Di Kantor Cabang Bri Parakan. Jurnal Law Reform, 4, 47.
Lelengboto, J. E. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agen Brilink Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Bitung. Riset Bisnis Dan Manajemen.
Moleong.L, J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt. Remaja.
Nisa, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Bertransaksi Nasabah Melalui Agen Laku Pandai Pada Btpn Syariah Cabang Mataram. Uin Mataram : Mataram.
Rizal.A. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0.Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryono, L. J., & Anggriani, R. (2018). Kedudukan Hukum Pihak Ketiga Dalam Layanan Keuangan Tanpa Kantor. Jurnal Media Hukum.
Published
2023-11-03
How to Cite
Ilahi, K., Suriana, I., & Arazy, D. R. (2023). ANALISIS MOTIVASI NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK MENJADI AGEN BRILINK DI KELURAHAN BATU AMPAR KOTA BALIKPAPAN . Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 5(1), 55-61. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/379