ANALISIS LAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAN MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA UNIT MANGGAR

  • Malliena Nainggolan Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Dito Rozaqi Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Layanan, Customer Service, Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah

Abstract

ABSTRACT

This research aims to determine customer service in increasing customer loyalty at PT Bank Rakyat Indonesia Manggar Unit. The data analysis used is qualitative descriptive analysis using data collection techniques by conducting direct interviews with the parties concerned, namely Customer Service and this data collection is primary data. The results of this research show that to increase customer loyalty, what Customer Service needs to do is always pay attention to customer service so that customers are satisfied. Customer Service must also always maximize its role and must be friendly, communicative, and always pay attention to name tags. This research is supported by Widyana (2022) because this research shows good results in serving customers. Therefore, PT Bank Rakyat Indonesia Manggar Unit must further improve its service strategy to increase customer loyalty so that customers always feel comfortable and loyal.

 

Keywords: Customer Service in Increasing Customer Loyalty

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Manggar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara langsung kepada pihak yang bersangkutan yaitu Customer Service dan pengumpulan data ini merupakan data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan loyalitas nasabah, yang perlu Customer Service lakukan adalah selalu memperhatikan pelayanan pada nasabah supaya nasabah puas. Customer Service juga harus selalu memaksimalkan perannya dan harus bersikap ramah, komunikatif, dan name tag yang selalu diperhatikan, penelitian ini didukung oleh Widyana (2022) karena penelitian tersebut menunjukkan hasil yang baik dalam melayani nasabah. Oleh karena itu PT Bank Rakyat Indonesia Unit Manggar harus lebih meningkatkan strategi dalam pelayanan untuk meningkatkan loyalitas nasabah agar nasabah selalu merasa nyaman dan loyal.

 

Kata Kunci: Layanan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah

 

References

Chrismi, Lestari. (2019). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Kupang Indah.

Ismail. (2018). Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana Prenada Grup.

Miles & Huberman. (1985). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ridhwannur, Muhammad. (2021). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Jatinangor.

Sepyuhantomi, Randil. (2019). Pengaruh Terhadap Pelayanan Kepercayaan Dan Proses Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Agus Jaya Tailor Kota Padang.

Shandyra, Pharafinna. (2022). Peranan Customer Service Dalam Menerapkan Service Excellent Pada Bank Muamalat KC Malang.
Published
2024-11-05
How to Cite
Nainggolan Parhusip, M. P., Ismawanto, T., & Arazy, D. R. (2024). ANALISIS LAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAN MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA UNIT MANGGAR. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 6(2), 95-100. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/451

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>