PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TABUNGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH KCP BALIKPAPAN SOEKARNO HATTA)

  • Fitri Liani Politeknik Negeri Balikpapan
  • Dessy Handa Sari Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nur Vita Opu Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Tabungan, Kepuasan Nasabah

Abstract

ABSTRACT

The aim of this research was to determine and analyze the influence of service quality and savings products on customer satisfaction at sharia banks (Case Study of Indonesian Sharia Bank KCP Balikpapan Soekarno Hatta). This research is a type of quantitative research. The population in this research is 19,523 BSI customers. Researchers took samples using a sampling technique based on the Slovin formula as many as 400 respondents. The type of data used is primary data sourced directly from respondents which is presented in the form of a Likert scale. Data analysis in this research uses descriptive analysis methods with the help of the Partial Least Square (PLS) application with the SmartPLS version 3.0 program. The results of this research were obtained using the PLS Evaluation Model to show the Influence of Service Quality and Savings Products on Sharia Bank Customer Satisfaction (Case Study of Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Soekarno Hatta). Service Quality and Savings Products are two variables that influence Customer Satisfaction.

Keywords: Service Quality, Savings Product Quality, Customer Satisfaction.

 

ABSTRAK

     Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Tabungan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Soekarno Hatta). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah BSI 19.523 nasabah. Peneliti mengambil sampel dengan teknik penentuan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 400 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber langsung dari responden yang disajikan dalam bentuk skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini didapatkan dengan menggunakan Evaluasi Model PLS untuk menunjukkan Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Tabungan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Soekarno Hatta). Kualitas Pelayanan dan Produk Tabungan merupakan dua variabel yang berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah.

Kata kunci:  Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Tabungan, Kepuasan Nasabah

References

CNN INDONESIA. (2023). Baca artikel CNN Indonesia “Nasabah Teriak Tak Bisa Tarik Uang Seharian, BSI Minta Maaf.” , https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230508193835-78-946908/nasabah-teriak-tak-bisa-tarik-uang-seharian-bsi-minta-maaf
Nurcahyanti Intan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah.
Mahliza Ferry. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan BSI
Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian. www.penerbitbukumurah.com
Rahayu, dkk (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Sudirman Pekanbaru. In Economics, Accounting and Business Journal (Vol. 2, Issue 2).
Rezky Amalia. (2023). 5 Kelemahan Bank Syariah serta Ciri-Ciri yang Membedakan dengan Bank Konvensional. https://dailysocial.id/post/bank-syariah
Sufiati Mila. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank Bni Syariah Cabang Banda Aceh).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
2024-12-30
How to Cite
Liani, F., Sari, D. H., & Opu, N. V. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TABUNGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH KCP BALIKPAPAN SOEKARNO HATTA). Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 6(3), 49-56. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/460

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>