ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN BRIMO TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT BATU AMPAR
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of service quality and ease of use of BRImo on customer satisfaction at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Batu Ampar Unit. In this study using independent variables, namely, Service Quality and Ease of Use w hile the dependent variable in this study is Customer Satisfaction. This study uses primary data in the form of distributing questionnaires. The sampling technique used is simple random sampling where the population in this study amounted to 987 and the sample amounted to 285 respondents. The results showed that the results of the first hypothesis testing on the Service Quality variable (X1) had a positive effect on Customer Satisfaction (Y). The hypothesis results in the second hypothesis test the Ease of Use variable (X2) has a positive effect on Customer Satisfaction (Y).
Keywords: Service Quality, Ease of Use, Customer Satisfaction
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kemudahan penggunaan BRImo terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Batu Ampar. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan sedangkan variabel dependen pada penelitian ini yaitu Kepuasan Nasabah. Penelitian ini menggunakan data primer berupa penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dimana populasi dalam penelitian ini berjumlah 987 dan sampel berjumlah 285 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil hipotesis pertama menguji pada variabel Kualitas Layanan (X1) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Hasil hipotesis pada hipotesis kedua menguji variabel Kemudahan Penggunaan (X2) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y).
References
Duryadi, M. S. (2021). Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan analisis menggunakan SmartPLS.
Ghozali. (2021). Structural Equation Modeling Dengan Metode Alternatif Partial Least Squares (PLS) (Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Ed.).
Kasengkang, I., Moniharapon, S., & Mandagie, Y. (2023). The Effect Of Bri Mobile Product Quality And Service Quality (Brimo) On Customer Satisfaction Of Bri Tumpaan Units. In Jurnal EMBA (Vol. 11, Issue 1).
Mandiri, A., Yanto, E., & Metekohy, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Bri Mobile (Brimo). Account, 8(1), 1423–1430.
Media Indonesia. (2024). BRImo jadi aplikasi Mobile banking terbanyak diunduh di 2023. Mediaindonesia.Com.
Rininda, B. P., & Nurmalina, R. (2023b). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia. Journal Of Applied Managerial Accounting, 7(2), 221–229.
Sugiyono, Prof. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (S. P. M. Dr. Ir. Sutopo, Ed.).
Zulkarnain, M., & Marina, A. (2023). Bsi Mobile Di Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang. 8, 267–284.