STRATEGI PEMASARAN PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (STUDI KASUS PT BANK SYARIAH INDONESIA TBK. KANTOR CABANG PEMBANTU BALIKPAPAN SUDIRMAN 1)
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the marketing strategy of gold installment products in increasing customer interest at PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Qualitative research method descriptive approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results show that the implementation of the gold installment product marketing strategy has been running effectively and can help increase customer interest. The marketing strategy applied is to use the marketing mix and segmentation, targeting, and positioning. The advantages are that it can help the implementation of strategies that are efficient, fast and easy to do to attract customers of gold installment products at Bank Bsi Kcp Balikpapan Sudirman 1. This can be seen from the increase in the number of gold installment financing customers from 2022 to 2023 which continues to increase. Obstacles consist of 2 factors Competition and lack of education and knowledge of customers about gold investment.
Keywords: marketing strategy, gold installments, customer interest, marketing mix, bank syariah indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk cicil emas dalam meningkatkan minat nasabah pada PT Bank syariah indonesia Tbk. KCP Balikpapan Sudirman 1. Metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pemasaran produk cicil emas telah berjalan secara efektif dan dapat membantu meningkatkan minat nasabah. Strategi pemasaran yang diterapkan adalah menggunakan bauran pemasaran dan segmentasi, targeting, dan positioning. Adapun kelebihannya adalah dapat membantu penerapan strategi yang efisien, cepat dan mudah dilakukan untuk menarik minat nasabah produk cicil emas di Bank Bsi Kcp Balikpapan Sudirman 1. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlahh nasabah pembiayaan cicil emas dari tahun 2022 sampai 2023 yang terus meningkat. Hambatan terdiri dari 2 faktor Persaingan dan minimnya edukasi dan pengetahuan nasabah tenatang investasi emas.
Kata kunci : strategi pemasaran, cicil emas, minat nasabah, bauran pemasaran, bank syariah indonesia
References
Anggito, albi, & Setiawan, J. (2018). metedologi penelitian kualitatif. cv jejak.
Harahap, A. P., & Saraswati, D. (2020). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. In Edisi revisi: Vol. 43 No.1 (Issue February).
Hardani dkk. (2020). metode penelitian kualitatif & kuantitatif. pustaka ilmu.
Himayaturrohman, E. (2020). model pelatihan kewirausahaan berbasis minat. liybangdiklat press.
M Dayat. (2019). Strategi Pemasaran Dan OPTimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–218. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i2.1629
moleong, lexy j. (2017). METODELOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT remaja rosdakarya bandung.
Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 191–200. https://doi.org/10.30871/jaemb.v6i2.1014
Nurajijah, S., & Handayani, T. (2022). Upaya Peningkatan Minat Nasabah Menggunakan Analisis Swot Pada Produk Ib Taharoh Di Bank Dki Kcps Bekasi Efforts To Increase Customer Interest Using Swot Analysis on Ib Taharoh Products in Dki Kcps Bekasi Bank. Jurnal Syarikah, 8(2), 163–174.
Rakib, M., & Makassar, U. N. (2023). Manajemen pemasaran (Issue March).
Ramadhan, D., Soemarso, E. D., & Kusuma, S. Y. (2022). Strategi Pemasaran Digital Produk Cicil Emas pada Bank BSI KCP Semarang Banyumanik. Jurnal Pustaka Aktiva, Vol. 2(No. 2), Hal. 55-61.
Ritonga, mei linda. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi. Akuntansi Keuangan Digital, 01(04), 5.
Samsu. (2017). metode penelitian: teori dan aplikasi kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta reseach & developmend. pusaka jambi.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sundari, R. (2022). Meningkatkan Minat Beli Produk Online Shop Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(3), 226–234. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194
Tambunan, D. (2020). Investasi Saham di Masa Pandemi Covd-19,” (SePTember 2020). Hal 11. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4.
www.ojk.go.id. (2020). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. Otoritas Jasa Keuangan, 26.