PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN BI RATE TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2020

  • Jiehan Mahanani POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Totok Ismawanto POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dahyang Ika Leni Wijayani POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, BI Rate, Penyaluran Kredit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai apakah terdapat pengaruh variabel Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan dan BI Rate terhadap penyaluran Kredit. Data diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia dengan periode 2019-2020. Jumlah populasi penelitian ini adalah 45 perusahaan perbankan dengan jumlah sampel penelitian yang dilakukan sebanyak 32 perusahaan perbankan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran secara keseluruhan mengenai hubungan antar variabel satu dengan variabel lainnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji simultan (F) dapat disimpulkan bahwa Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan dan BI Rate secara simultan berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Berdasarkan uji parsial (t) dapat disimpulkan bahwa Dana Pihak Ketiga dan BI Rate secara parsial berpengaruh terhadap penyaluran kredit sedangkan Non Performing Loan secara parsial tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Hal tersebut di dukung oleh  Nasedum, Murni, dan Untu (2020), yang mengatakan bahwa secara parsial NPL tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit, DPK dan BI Rate berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Oleh karna itu hasil penelitian ini dapat digunakan perusahaan perbankan sebagai bahan pertimbangan, rujukan dan evaluasi dalam mengelola bank menjadi lebih baik lagi terutama dalam menghimpun dana dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan yang tentunya disesuaikan dengan asas perkreditan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

References

Abdullah, Thamrin dan Wahjusaputri Sintha. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bagaskoro, D. (2017). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, Dan Net Interest Margin Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan: Studi Empiris Pada Bank Umum Konvensional Di Indonesia.

Bursa Efek Indonesia. (2019-2020). Laporan Keuangan Tahunan.

Bank Indonesia. Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Jakarta.

Bank Indonesia. Undang-Undang No.10 Tahun 1998, Tentang Perubahan Terhadap Undang-Undang No. 7 Tahun 1992. Jakarta.

Dendawijaya, Lukman. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fahmi, I. D. (2010). Pengantar Manajemen Perkreditan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, S. B. (2017). Analisis Pengaruh NPL, NIM, BOPO, BI Rate Dan Car Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Umum Go Public Periode Tahun 2012-2016.

Ismail. (2010). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi . Jakarta: Kencana.

Kadek Adi Wira Darma, P. E. (2018 ). Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Suku Bunga Bank Indonesia (BI Rate), Non Performing Loan (NPL),Dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Komersial(Studi Pada Bpd Bali Periode 2013-2017). S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.

Kasmir. (2014). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan . Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Keuangan, O. J. (2020, 27 November). Statistik Perbankan Bank Umum September 2020. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Perbankan/Data-Dan Statistik/Statistik-Perbankan-Indonesia/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Indonesia---September-2020/Spi%20september%202020.Pdf.

Kharisma Citra Amelia, S. M. (2017). Analisis Pengaruh DPK, LDR, NPL Dan CAR Terhadap Jumlah Penyaluran Kredit Pada PT. Bank QNB Indonesia, Tbk Periode 2005 - 2014. Ilmiah Ekonomi Bisnis.

Meyssi I. Nasedum, S. M. (2020). Analisis Pengaruh Non Performing Loan (NPL) Loan To Deposit Ratio (LDR) Dana Pihak Ketiga (DPK) Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Sulutgo Pusat Manado Periode 2011-2018. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Nawari, (2010). Analisis Regresi Dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Media Komputindijo.

Putri, Y. M. (2016 ). Pengaruh CAR, NPL, ROA Dan LDR Terhadap Penyaluran Kredit Pada Perbankan (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015).

Sari, N. M. (2016). Pengaruh DPK ROA, Inflasi Dan Suku Bunga SBI Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Umum. Manajemen .

Saroinsong, A. N. (2014). Fungsi Bank Dalam Sistem.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhardjono, K. M. (2011). Manajemen Perbankan Teori Dan Aplikasi . Yogyakarta : BPFE.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Venna Melinda, V. K. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Penyaluran Kredit Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Widarjono, A. (2009 ). Ekonometrika Pengantar Dan Aplikasinya”. Yogyakarta: Ekonisia Fe Uii.
Published
2021-12-27
How to Cite
Mahanani, J., Ismawanto, T., & Wijayani, D. I. L. (2021). PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN BI RATE TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2020. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 232-240. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/208