ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN KREDIT BRIGUNA KARYA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN

  • Dita Aryaningsih Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Kety Lulu Agustin Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Kredit BRIGuna Karya

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the marketing strategy at Bank Rakyat Indonesia Balikpapan Sudirman Branch. This study uses a qualitative method with a descriptive approach and is analyzed using a SWOT analysis by interviewing bank employees, namely Account Officers. This research supports Nafiah, et al (2021) and Fitri & Murtani (2019) with the same result, namely the promotion strategy is very influential and effective, then the results of the SWOT analysis are that strategic location is a strong potential, expanding market share with promotional activities. So with this, for Bank Rakyat Indonesia Balikpapan Sudirman Branch, the author hopes that in the future they will continue to maintain relationships with customers to maintain cooperation, expand market share due to its strategic location, in addition to attracting people to become customers, there needs to be socialization and promotions that must always be done in writing. nor directly.

Keywords: Marketing strategy; SWOT analysis; SWOT matrix analysis.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui strategi pemasaran pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Balikpapan Sudirman. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa menggunakan anlisis SWOT dengan mewawancarai pegawai bank yaitu Account Officer. Penelitian ini mendukung Nafiah, dkk (2021) dan Fitri & Murtani (2019) dengan hasil yang sama yaitu startegi promosi sangat berpengaruh dan efektif, lalu hasil analisis SWOT ialah letak yang strategis merupakan potensi yang kuat, memperluas pangsa pasar dengan kegiatan promosi. Maka dengan ini untuk Bank Rakyat Indonesia Cabang Balikpapan Sudirman penulis berharap kedepannya tetap menjaga hubungan dengan nasabah untuk mempertahankan kerjasama, memperluas pangsa pasar karena letak yang strategis, selain itu dalam menarik masyarakat agar menjadi nasabah, perlu adanya sosialisasi dan promosi yang harus selalu dilakukan secara tertulis maupun langsung.

 

Kata kunci: Strategi pemasaran; Analisis SWOT; Analisis matriks SWOT.

References

Abdullah, T., & Wahjusaputri, S. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Achmad, L. I., & Agustin, N. D. (2021). Analisis Terapan Strategi Bauran Pemasaran Syariah Pada Produk Tabungan Berkah Utama iB Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bank Mega Syariah Kota Bekasi). Ekonomi Syriah Pelita Bangsa Vol.06 N0.2, 207-222.

Anggraini, N. V., Arifin, M., Farida, N., Subas, Sholihah, M., & Oktavia, R. (2021). Strategi Pemasaran Produk Pembiyaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal Of Islamic Banking And Shariah Economy, 25-44.

Arif, M., Sabri, Nagari, P., & Nasfi. (2020). SWOT Analisis dan Matrik SWOT Analisis Dalam Rangka Pemasaran Produk Pendanaan Bank (Studi PT. BPR Rangkiang AUR). Point Equilibrium Manajemen & Akuntansi, 12-27.

As'ad, A., Basalamah, M. S., & Djamereng, A. (2020). Strategi Pemasaran Jasa Dalam Meningkat Jumlah Nasabah PT.Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Ekonomika, 73-81.

Fitri, E. N., Rahmahalpiani, D., & Darma, S. S. (2020). Analisis Jumlah Kredit Yang Disalurkan Terhadap Laba Pada PT. Bank Tabungan Negara (Pesero) Tbk Tahun 2013-2017. Disrupsi Bisnis, 89-101.

Fitri, R., & Murtani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dan Pelayanan dalam Mningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Mambrur pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Setia Budi Medan. FEB, Vol.1 No.1, 91-102.

Hamdani, E., & Maulana, H. (2017). Peranan Strategi Pemasaran Bank Dalam Upaya Meningkatkan Nasabah. Perbankan&Keuangan, 47-57.

Imelda, T., Mahmudah, N., & Liberty. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syari'ah Berbasis Digital Fintech Terhadap Pelayanan Nasabah. Finansia, 132-154.

Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala, 55-60.

Muflihatin, S. I., Nursamsi, & Muttaqin, M. K. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Pelajar (simpel) pada PT. BPR Bank Daerah Lamongan. Ilmu Manajemen, 76-87.

Nafiah, A., Isharijadi, & Styaningrum, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BPR Mulyo Raharjo. Jurnal Ilmu, 1-5.

Nataliningsih, Suseno, G. P., & K.S, K. (2018). Manajemen Strategi Agribisnis. Bandung: Alfabeta.

Raharjo, A. W., & Elida, T. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Ripada, N. I. (2020). Analisis keamanan dan resiko investasi emas digital terhadap minat investasi studi pada pegadaian digital service. Kasaba:Jurnal Ekonomi Islam, 101-107.

Sari, Y. E., Musthofa, M. A., & Mutiara, D. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kota Jambi. E-ISSN, 212-218.

Sirait, S., & Sinaga, K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Pada Perbankan Di Pematangsiantar. EK&BI, Volume 3, Nomor 1, 248-256.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). metode kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syahidah, M., Setiawan, A. B., & Yani, E. A. (2018). Strategi Pemasaran Produk Arrum BPKB Pada Pegadaian Syariah CPS Margonda. Ekonomi dan Perbankan Syariah, 65-82.
Published
2023-11-03
How to Cite
Aryaningsih, D., Ismawanto, T., & Agustin, K. L. (2023). ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN KREDIT BRIGUNA KARYA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 5(1), 29-36. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/384