ANALISIS IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN AGEN BRILINK DALAM MENDUKUNG PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman)
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the implementation of BRILink agent development in supporting the community economy at PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Sudirman Branch, Balikpapan. The research employs a qualitative case study method, revealing that BRILink services not only facilitate banking access but also provide significant economic benefits to agents. Factors such as service quality, product completeness, pricing, promotions, and strategic location are critical for the success and growth of BRILink agents' businesses, enhancing both customer satisfaction and expanding banking services to a broader community. These findings support previous research by Yulianti and Suwiryo (2022), indicating that profit-sharing analyses and types of agreements within BRILink's financial service mechanisms in villages like Sukasari and Gandasari positively influence community interest in using BRILink products and services. In conclusion, BRILink agents make a substantial contribution to enhancing financial inclusion through improved access and increased income.
Keywords: BRILink implementation, BRILink, BRILink agents, Economy.
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengembangan agen BRILink dalam mendukung perekonomian masyarakat pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Hasil Penelitian ini menunjukan layanan BRILink tidak hanya mempermudah akses perbankan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi signifikan bagi para agen. Selain itu faktor kualitas layanan, kelengkapan produk, harga, promosi, dan lokasi strategis menjadi faktor kunci dalam kesuksesan dan pertumbuhan bisnis agen BRILink. Kombinasi ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memperluas jangkauan layanan perbankan ke masyarakat lebih luas. Hasil penelitian ini mendukung temuan dari penelitian terdahulu yang diungkapkan oleh Yulianti dan Suwiryo (2022), yang juga menemukan bahwa analisis bagi hasil BRILink dan jenis perjanjian BRILink dalam mekanisme layanan keuangan tanpa kantor di Desa Sukasari dan Desa Gandasari menunjukkan dampak positif terhadap minat masyarakat dalam menggunakan produk dan jasa BRILink. Dapat disimpulkan bahwa agen BRILink memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan inklusi keuangan melalui kemudahan akses dan peningkatan pendapatan.
Kata kunci: Implementasi BRILink, BRILink, Agen BRILink, Perekonomian.
References
7823–7830.
1998, U. N. 10 T. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Lembaran Negara Republik Indonesia, pasal 1 ayat 3.
Lara. (2022). Strategi pemasaran brilink dalam upaya menarik minat masyarakat di kecamatan kaur selatan pasca merger bri syariah ke bsi. 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com
Rizkiyaningsih, A. A., Sopanah, A., & Anggarani, D. (2021). Efektivitas Penerapan BRILink Dalam Upaya Mendorong Financial Inclusion (Studi Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Wilayah Makassar). Conference on Economic and Business Innovation, 1(1).
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif ( sofia Y. Suryandari (ed.)).
Yulianti, D., & Suwiryo, D. H. (2022). Analisis bagi hasil brilink dan jenis perjanjian brilink dalam mekanisme layanan keuangan tanpa kantor (Studi kasus di Desa Sukasari dan Desa Gandasari Kecamatan Kadupandak). Jurnal Akuntansi Kompetif, 5(3), 260–269. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v5i3.1006