STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (STUDI KASUS PT BANK SYARIAH INDONESIA KC BALIKPAPAN SUDIRMAN 3)

  • Putri Diajeng Millenia Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nurul Musfirah Khairiyah Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Strategi, pawning sales, pawning officer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran produk gadai emas yang dilakukan di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. KC Balikpapan Sudirman 3 , hambatan yang dialami dalam memasarkan produk dan peran yang dilakukan oleh pawning sales dan pawning appraisal. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari metode wawancara langsung pada narasumber dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pemasaran yang diterapkan adalah bauran pemasaran dan pengelompokan pasar sasaran. Adapun hambatan yang dialami adalah adanya kompetitor dan pola pikir masyarakat terhadap gadai emas di bank belum familiar, oleh karena itu peran yang dilakukan pawning sales dan pawning appraisal adalah terus memberikan edukasi dalam bentuk promosi dan service excellent.

 

References

Assauri, Sofyan. Manajemen Pemasaran( Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Ismawati. “Peran dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Penabung Pada Bank Syariah Mandiri KCP. Panakukan Kota Makassar.” Jurnal Ekonomi,Keuangan dan Perbankan Syariah Vol.3 No.1, 2019: 70-82.
Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2020. Juni 2021. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Documents/LAPORAN%20PERKEMBANGAN%20KEUANGAN%20SYARIAH%20INDONESIA%202020.pdf (diakses Januari 2022).
Muzayyanah Jabani, Siti Chodijah. “STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO.” Journal of Islamic Management And Bussines, 2018: 25-33.
Pratiwi, Nicky. “STRATEGI BANK SYARIAH DALAM MENGHADAPI PENGEMBANGAN PRODUK GADAI EMAS (STUDI KASUS PADA BRI SYARIAH).” Jurnal Nisbah Vol.5 No.1, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suhri, Muhammad. “STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN HAJI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DI BANK SYARIAH MANDIRI SUMBAWA BESAR.” Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam Vol 1 No.1, 2021.
Ulpah, Mariah. “STRATEGI PEMASARAN SALES FUNDING BANK BNI SYARIAH CABANG TANGERANG DALAM MENAMBAH JUMLAH NASABAH.” Jurnal Pemikiran Perbankan Syariah Vol 4 No 1 : Madani Syari'ah, 2021: 28-39.
Published
2023-11-03
How to Cite
Millenia, P. D., Ismawanto, T., & Khairiyah, N. M. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH (STUDI KASUS PT BANK SYARIAH INDONESIA KC BALIKPAPAN SUDIRMAN 3). JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 5(1), 72-80. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/356