ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA PT. BANK MANDIRI TBK (STUDI KASUS NASABAH PT. BANK MANDIRI CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN PENGGUNA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI)

  • Dinda Bestari Syarifuddin Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hendra Sanjaya Kusno Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Livin’ by Mandiri, Teknologi Finansial, Kualitas Layanan

Abstract

ABSTRACT

The main purpose of this study is to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats of implementing financial technology at Bank Mandiri Balikpapan Branch Office. This study uses a qualitative method with a descriptive approach and is analyzed using a SWOT analysis by interviewing customers who use the Livin' by Mandiri application. The results of this study support research from Muchlis (2018) and Ismawanto, et al. (2019), namely the completeness of features and designs that are practical and easy to use are the strengths of implementing the Livin' by Mandiri application, although there are weaknesses such as when making cash withdrawals without a card. The application of new technologies with the development of information technology is an opportunity to improve service quality. Behind that there are also threats such as competitors having far more sophisticated technologies and also free of admin fees.

Keywords: Livin' by Mandiri, Financial Technology, Service Quality

 

ABSTRAK

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari pengimplementasian teknologi finansial pada Bank Mandiri Kantor Cabang Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa menggunakan analisis SWOT dengan mewawancarai nasabah pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri. Hasil penelitian ini mendukung penelitian dari Muchlis (2018) dan Ismawanto, dkk (2019), ialah kelengkapan fitur dan desain yang praktis dan mudah digunakan menjadi kekuatan dari pengimplementasian aplikasi Livin’ by Mandiri walaupun terdapat kelemahan seperti pada saat melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu. Adanya penerapan teknologi- teknologi baru dengan perkembangan informasi teknologi menjadi peluang dalam peningkatan kualitas layanan. Dibalik itu terdapat ancaman pula seperti pesaing mempunyai teknologi-teknologi yang jauh lebih canggih dan juga bebas biaya admin.

Kata Kunci: Livin’ by Mandiri, Teknologi Finansial, Kualitas Layanan

References

Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.
Abdullah, W. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan. MITRA WACANA MEDIA.
Basuki, H, F., & Hartina. (2018). Analisis SWOT Financial Technology Pada Dunia Perbankan di Kota Ambon (Survei Pada Bank di Kota Ambon). Jurnal Manis, 2(1), 60–74.
Ismawanto, T., Prihatiningsih, P., & Susanto, F. (2019). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Balikpapan Sudirman (Studi Kasus pada Nasabah BRI dari Politeknik Negeri Balikpapan). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(3), 120–126. https://doi.org/10.31940/jbk.v15i3.1635.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 55–60. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawaladoi:https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.
Muchlis, R. (2018). Analisis SWOT Financial Technology (Fintech) Pembiayaan Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus 4 Bank Syariah Di Kota Medan). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 335. https://doi.org/10.30821/ajei.v1i1.2735.
Noer Ady Rahmanto, D. (2019). Risiko dan peraturan: fintech untuk sistem stabilitas keuangan. Inovasi, 15(1), 44–52. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI.
SugiyonoKualitatif. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan. CV ALFABETA.
Wulandari, P. A. (2017). Analisis SWOT Perkembangan Finansial Teknologi di Indonesia Proceeding of National Conference on Asbis. Proceeding of National Conference on Asbis, 376–383. http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/194.
Published
2023-11-03
How to Cite
Syarifuddin, D. B., Ismawanto, T., & Kusno, H. S. (2023). ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA PT. BANK MANDIRI TBK (STUDI KASUS NASABAH PT. BANK MANDIRI CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN PENGGUNA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI). JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 5(1), 37-45. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/383