PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2022

  • Ferida Adelia Agustin Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nur Vita Opu Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ida Suriana Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, penghindaran pajak

Abstract

ABSTRACT

Tax avoidance is an effort to ease the tax burden without violating the law and tax avoidance is considered a strategy and tax avoidance is considered safe and legal avoidance due to violations of applicable laws. The purpose of this study was to determine the effect of profitability, leverage and firm size on tax avoidance. The sample of this research is conventional commercial banks listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2019-2021 with the purposive sampling method and the number of samples is 27 banks. The data analysis technique was carried out by classical assumption test, multiple linear regression and hypothesis testing with the help of IBM SPSS Version 25 software. 0.000. While the results of the partial effect with the t- test, it is known that the first result is that ROA has a negative and significant effect on tax avoidance with a sig value. 0.000, the second result is known that DER has no effect on tax avoidance and the third result is known that the size of the company has no effect on tax avoidance.

 

Keywords: Profitability, leverage, firm size and tax avoidance

 

ABSTRAK

Penghindaran pajak merupakan sebuah upaya meringankan beban pajak tanpa melanggar undang-undang dan penghindaran pajak dianggap merupakan sebuah strategi dan teknik penghindaran pajak yang dianggap aman dan legal karena tidak melanggar peraturan perpajakan yang berlaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak. Sampel penelitian ini adalah bank umum konvensional yang terdaftar di BEI periode 2019-2021 dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 27 bank. Teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan software IBM SPSS Version 25. Berdasarkan hasil uji signifikan pengaruh simultan menggunakan uji-F dengan nilai sig. 0,000. Sedangkan hasil uji pengaruh parsial dengan uji-t di ketahui hasil pertama bahwa ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penghindaran pajak dengan nilai sig. sebesar 0,000, hasil kedua diketahui DER tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak dan hasil ketiga diketahui bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

 

Kata kunci: Profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan penghindaran pajak

References

Andaleta, I., & Ismawati, K. (2022). Tax Avoidance Perusahaan Perbankan. Riset dan Jurnal Akuntansi, Volume 6 No.2.
Annisa. (2017). Pengaruh ROA, Leverage dan Ukuran perusahaan dan Koneksi Politik teradap penghindaran pajak. JOM FEKOM, Vol.4 No.1.
Barid, F. M., & S. Wulandari. (2021). Praktik Penghindaran Pajak Sebelum dan Setelah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan (JRAP).
Dewi, K. W., & Ratri, P. (2018). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Penghindaran Pajak. JRAK, Volume 14, No 1 Februari 2018. Dwiyanti, I. A. (Hubungan ROA dengan teori agensi adalah apabila manajemen perusahaan itu baik dalam pengelolaannya maka aset yang diperoleh perusahaan te2019). Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, dan Inventory Intensity pada Penghindaran Pajak. E-
Journal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.27.
Fauzi, M. (2021). Faktor-faktor yang Memengaruhi Terjadinya Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pertambangan di BEI Periode Tahun 2016-2020. Politeknik Negeri Samarinda.
Fauziyah, F. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran perusahaan dan Leverage terhadap penghindaran pajak pada sektor barang industri. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Kasmir. (2018). Analisa Laporan Keuangan. Cetakan ketujuh, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ningtyas, D. M., Suhendro, & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2018. E-Jurnal Akuntansi, No. 2 Vol. 9.
Novitasari, M., & Suharni, S. (2019). Iplikasi Indikator Keuangan Terhadap Tax Avoidance.
AFRE Accounting and Financial Review, 16-23.
Permata, A. D., Nurlaela, S., & Wahyuningsih, E. M. (2018). Pengaruh Size, Age, Profitability, Leverage Dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi dan Pajak.
Putri, T. R. (2017). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2015. Jurnal Akuntansi.
Saputra, M. D., & Asyik, N. F. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Sari, N., Kalbuana, N., & Jumadi, A. (2016). Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak. Seminar Nasional dan The 3rd Call For Syariah Paper
Yanti, B. (2019). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Tax Avoidance Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Terdaftar di BEI 2013-2017. Jurnal Penelitian Manajemen, Volume 1 No. 1.
Published
2023-11-03
How to Cite
Agustin, F. A., Opu, N. V., & Suriana, I. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2022. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 5(1), 11-20. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/400