STRATEGI BAURAN PEMASARAN TABUNGAN SIMPEDES DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAII PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR KAS ASABRI BALIKPAPAN

  • Selly Ulfa Talebong Politeknik negeri balikpapan
  • Totok ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hendra Sanjaya Kusno Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Tabungan Simpedes

Abstract

ABSTRACT

This research uses qualitative methods. Simpedes Savings Marketing Mix Strategy In Increasing The Number Of Customers At PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asabri Cash Office Balikpapan shows quite good results. This right supports the research of Achmad and Agustin (2021) and Ritong and Purwati (2020), this is because there are similarities in the results of the research on the strategy used, namely by applying the marketing mix and grouping the target market which shows good results. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asabri Cash Office Balikpapan must further improve and multiply strategies to attract people's interest in saving so that the number of customers also increases. So, hereby, for PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cash Office Asabri Balikpapan, the author hopes that in the future it will maintain and expand the network of cooperation with agencies, expand market share because its strategic location is a strong potential to make it easier for customers to go to the bank. In attracting the public to become customers, there needs to be socialization and promotion that must always be done in writing or in person.

 

Keywords: Marketing Strategy, Marketing Mix, Simpedes Savings

 

ABSTRAK

Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Strategi Bauran Pemasaran Tabungan Simpedes Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas Asabri Balikpapan menunjukkan hasil yang cukup baik. Hak tersebut mendukung penelitian Achmad dan Agustin (2021)dan Ritong dan Purwati (2020), adanya persamaan hasil penelitian pada strategi yang digunakan yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran dan pengelompokkan pasar sasaran yang dimana menunjukkan hasil yang cukup baik. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas Asabri Balikpapan harus lebih meningkatkan dan memperbanyak strategi untuk menarik minat masyarakat dalam menabung sehingga jumlah nasabah juga lebih meningkat. Maka dengan ini untuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas Asabri Balikpapan penulis berharap untuk kedepannya tetap mempertahankan dan memperluas jaringan kerjasama dengan instansi-instansi, memperluas pangsa pasar karena letak yang strategis, selain itu dalam menarik masyarakat agar menjadi nasabah, perlu adanya sosialisasi dan promosi yang harus selalu dilakukan secara tertulis maupun langsung.

 

Kata kunci:  Strategi Pemasaran; Bauran Pemasaran; Tabungan Simpedes.

References

Achmad, [,.I. and Agustin, N.D. (2021) Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Syariah
Pada Produk Tabungan Berkah Utama its Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada tsank Mega Syariah Kota Bekasi), Jurncl Ekonomi Syariah Pelita Bangsa,06(02), pp.207* 222.
Anabas, S. (2017) Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat, Proses, Orang dan Bukti Fisik Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Simpedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sintang, Jurnal Manaiemen l4otivasi. L2(1),p.673.
Hadinnisa, I.I. (2018) Nasabah Tabungan Simpedes Bank Bri Kantor Unit, 1, pp. 17*27. Jurnal STIE Perbankan Indonesia, Yolunte lNomor I Tahun 2018.
Kotler, P. and Amstrong, G. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran, .lilid 1, Mtmaiemen Pemasaran, p.1835.
Lestiani, E., Maryam, S. and Widayanti, R. (2020:) 'Bongaya Journal of Research in Management' , Bongaya Journal oJ'Research in Management,3(2), pp. 1-13.
Manan, Y"M. and Azizah, K.N. (2021) Strategi Pemasaran Produk Penghimpunan Dana Tabungan Rinjani Ib Bsr Pada Bprs Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang, Jurnal P er b ankan Syar iah Darus s alam, I (2), pp. 1 5 1 *t 65.
Nelwan, O. S., & Artika, T. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27 (l), 80-99.
Juliansyah, E" QAn). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonoruak, 3(2).19-37 "
Rahayu, P.G. and Tanjung, M.S. (2019) Strategi Pemasaran Tabungan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Rangking Aur, pp. 1-13.
Juneda, J. (2019). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan PT. BNI Syariah KC. Parepare. B,ILAI'ICA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis lslam, 1(2), 212*237. https :lldoi. org/ 1 0. 3 5 905/balanca.v 1 i2. 1 1 4 5
Siagian, A.O. QA20) Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Modal Bank, Jumlah Kantor Cabang, Tingkat Suku Bunga Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Jumlult Kredit UMKM Bank BLtk[N, Syntax Literate ; Jurnal llmiah Indonesia" doi:10.36418/syntax-literate.v5i5.1140.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, KualitatiJ, dan R&D.2nd edn. Edited by Sutopo. Bandung.
Syahza, A. (2021) Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021).
Published
2022-12-20
How to Cite
Talebong, S. U., Ismawanto, T., & Kusno, H. S. (2022). STRATEGI BAURAN PEMASARAN TABUNGAN SIMPEDES DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAII PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR KAS ASABRI BALIKPAPAN. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 4(1), 81-88. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/399