ANALISIS RASIO LIKUIDITAS SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS PADA BANK BUMN PERIODE 2019-2020

  • Andi Lucky Farida Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hendra Sanjaya Kusno POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Nurul Musfirah Khairiyah POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Analisis Rasio Keuangan, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Return on Asset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah laporan keuangan atau mencari informasi mengenai pergerakan rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas pada Bank BUMN Periode 2019-2020. Analisis data yang digunakan yaitu, analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Teknik pengumpulan data yaitu, dokumentasi untuk memperoleh data dan informasi, sumber data yang digunakan adalah skunder data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan Bank BUMN yang ditinjau dari Current Ratio secara sehat, kinerja keuangan Bank BUMN yang ditinjau dari Debt to Asset Ratio adalah tidak sehat sebab perusahaan masih belum bisa mempertahankan nilai Debt to Asset Ratio pada saat penurunan dan kemudian kinerja keuangan Bank BUMN yang ditinjau dari Return On Asset PT BRI dan MANDIRI dapat dikatakan sangat sehat sedangkan BNI dan BTN dapat dikatakan cukup sehat karena perusahaan masih belum bisa memanfaatkan total aktiva yang ada menjadi laba.  

References

Daftar Pustaka
Arifin. (2019). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO RENTABILITAS UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK SUMUT KANTOR PUSAT MEDAN (Repository). Medan: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.
Azwa, S., & Afriani, S. (2016). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) MUAMALAT HARKAT SUKARAJA. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 156-168.
Badarulia, N. (2016). Analisis Kinerja Keuangan dengan menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Efisiensi pada PT. Bank Mandiri Syariah (Repository). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sari, N., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2018). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN RENTABILITAS UNTUK MELIHAT KINERJA KEUANGAN BANK (STUDI PADA PT. BANK CIMB NIAGA, TBK PERIODE 2012-2017). JIAGABI (JURNAL ILMU ADMINISTRASI NIAGA/BISNIS), 135-153.
Sepang, F., Manoppo, W., & Mangindaan, J. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Pada PT. Bank BRI (Persero), Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis, 21-30.
Published
2021-11-17
How to Cite
Farida, A. L. F., Kusno, H. S., & Khairiyah, N. M. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS PADA BANK BUMN PERIODE 2019-2020. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 1-7. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/337