ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK AMANAH DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG RAPAK
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study is to find out how the marketing strategy of the trust product is carried out and whether the implementation of the 7P Marketing Mix can attract customer interest in the trust product. With the type of field research using a qualitative approach. The data collection techniques are observation, interviews and documentation. The source of data was obtained from the results of interviews, with trusted informants. The collected data were analyzed using the Miles and Huberman interactive model analysis technique. The results of the study show that the marketing strategy of trust products carried out by PT. Pegadaian Cabang Rapak by looking at the implementation of the marketing mix of 7P Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence. With its marketing strategy that applies the marketing mix from 7P in achieving marketing goals that are effective in satisfying both consumer needs and desires and can attract customer interest.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk amanah yang dilakukan dan apakah Penerapan Bauran Pemasaran 7P dapat menarik minat nasabah pada produk amanah. Dengan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, dengan informan terpercaya. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk amanah yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Cabang Rapak dengan melihat dari penerapan bauran pemasaran 7P Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence. Dengan strategi pemasarannya yang menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dari 7P dalam mencapai tujuan pemasaran yang efektif baik dalam memuaskan kebutuhan maupun keinginan konsumen dan dapat menarik minat nasabah.
References
Koni, W., & Saifullah. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Amanah dalam Upaya Menarik Minat Nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Gorontalo. Islamic Economics and Finance Journal, 1(1). https://doi.org/10.55657/iefj.v1i1.9
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. In A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (Eds.), Erlangga (12th ed.) Halaman 221.
Laili, N., Ismawanto, T., & Apriani, E. S. (2022). Analisis SWOT Strategi Pemasaran Tabungan BNI TAPLUS (studi Kasus PT Bank Negara Indonesia KCU Sudirman Balikpapan). Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba.
Ritonga, M. L. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Terhadap Produk Cicil Emas dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah di BSI KCP Cemara Asri. Jurnal Akuntansi Keuangandan Bisnis, 1(4).