PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA BALIKPAPAN (STUDI KASUS UMKM DI KELURAHAN WILAYAH GUNUNG SAMARINDA BARU)
Abstract
ABSTRACT
This research was influenced by the Covid-19 pandemic which has had a broad impact in requiring all Indonesian citizens to practice social distancing and follow Large-Scale Social Restrictions (PSBB) without exception. The aim of this research is to determine the positive influence of Digital Marketing on increasing MSME income in Balikpapan City. This research uses a quantitative approach, with data produced in the form of numbers. The population in this study was 238 Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The sampling formula used was the Slovin formula to obtain 150 respondents who had implemented Digital Marketing. The analysis method used is the SEM-PLS (Partial Least Square) method using SmartPLS 3.0 software. The results of this research show that Digital Marketing has a positive effect on the income of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Gunung Samarinda Baru Village area.
Keywords: Digital Marketing, Income, and Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs)
ABSTRAK
Penelitian ini dipengaruhi oleh Pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak yang luas di mewajibkan semua warga Indonesia untuk menjalankan social distancing dan mengikuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tanpa pengecualian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif Digital Marketing terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data yang dihasilkan dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 238 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Rumus sampling yang digunakan adalah rumus slovin sehingga memperoleh sebanyak 150 responden yang telah menerapkan Digital Marketing. Metode analisis yang digunakan adalah metode SEM-PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh positif terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kelurahan Gunung Samarinda Baru.
Kata Kunci: Digital Marketing, Pendapatan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
References
Arifin, Z. (2022). Pengaruh Online Marketing, Modal Kerja dan Lokasi Usaha Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM di Provinsi Daerah Istiwa Yogyakarta. 99.
Dewi, A. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks Coffee Bandar Lampung. Jurnal Sosial Ekonomi, 1(2), 1–18.
Erwin. (2023). Digital Marketing Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 (S. Efitra (ed.)). PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Ghozali. (2006). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 8.54. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. dan H. L. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro Semarang.
Hamdani, I. (2019). Uji Validitas Diskriminan. 1–23.
Harnanto. (2019). Dasar - Dasar Akuntansi (Purindraswari (ed.)). BPFE.
Hasan, S., Yusnanto, T., Diwyarthi, S., Desak, N., & Bali, P. P. (2022). DIGITAL (Issue June).
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science. 43, 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
Husna, N. (2022). Peran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada UMKM di Kota Banda Aceh). 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.
J. Hartono dan W. Abdillah. (2009). Konsep dan aplikasi PLS ( partial least square ) : untuk penelitian empiris (edisi 1 ce). BPFE.
Jasri, Arfan, N., -, H., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Oktaviari, E. A. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/257726/File-10-BAB-II.pdf
Pramawati, I. D. A. A. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, I. P. A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan …, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305
Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1), 194–208. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.915
Rahmawati, L., & Ikaningtyas, M. (2023). Penerapan Digital Marketing Untuk Mendukung UMKM Segigit Snack Di Kebumen. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 70–76.
Ramida, R. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3(1), 310–326.
Rauf, A., Manullang, S. O., P.S, T. E. A., Diba, F., Awaluddin, R., Muniarty, P., Mundzir, A., Gloriman, Vigory Manalu, Genesis Sembiring Depari, Elsy Rahajeng, Metha dwi Apriyanti, S. V. R., & Yahawi, S. H. (2016). Digital Marketing: Konsep dan Strategi. (Issue September). http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/2_E-BOOK_DIGITAL_MARKETING.pdf#page=7
Saerang, R. T., Wangke, S. J. C., & Gunawan, E. M. (2022). Peranan digital marketing dan layanan online food delevery terhadap peningkatan penjualan usaha kuliner Tinutuan di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1225–1233. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43966
Santosa, M., & Vanel, Z. (2022). Strategi Digital Marketing Mg Setos Hotel Semarang Dalam Meningkatkan Revenue Di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2), 234–242. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.50088
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian (cetakah ke). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitaif (M. P. Setiyawati, S.H. (ed.)). Alfabeta, CV.
Sulianta. (2023). Panduan Lengkap Digital Marketing. https://books.google.co.id/books?id=0qKvEAAQBAJ
Suryati, I. (2021a). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 18–30.
Suryati, I. (2021b). Pengaruh Ukuran Usaha Dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry Di Kecamatan Makassar Tahun 2019 . Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya,1.
Suwardjono. (2017). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan (Ketiga). BPFE Anggota IKAPI.
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408
Taswan, S.E., M. S. (2013). Akuntansi Perbankan (3rd ed.). UPP STIM YKPN.
Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2022). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53. https://doi.org/10.24071/exero.v4i1.5025
Yuritanto, Y. (2020). Determinasi Iklim Komunikasi, Kompetensi, Dan Disiplinkerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Melalui Kepuasan Kerjasebagai Intervening. Journal Competency of Business, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.47200/jcob.v4i1.678
Yusvita Aprilyan, Elin Erlina Sasanti, & Isnawati. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216