ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BRITAMA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN

  • Dierra Dzakiy Sida Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nurul Musfirah Khairiyah Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Analisis SWOT, Tabungan BritAma, Mix Methods, Strategi Pemasaran

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the marketing strategy of BritAma savings products at BRI Balikpapan Sudirman Branch Office. This study was conducted using direct interview techniques with 3 informants. This study uses a mix methods method with data collection techniques in the form of observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis techniques used are the IFE matrix, EFE matrix, IE matrix and SWOT matrix. The results of this study are in line with research conducted by (Munawir and Aziziy 2023) and (Damayanti et al. 2021) which shows a SWOT analysis of BritAma savings products. The marketing strategy carried out by BRI KC Balikpapan Sudirman to market BritAma savings by implementing a marketing mix strategy using the 7P variables and a promotional strategy is the most effective. The most appropriate strategy is to maintain current conditions while maintaining operational efficiency and effectiveness.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan BritAma pada BRI Kantor Cabang Balikpapan Sudirman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara langsung kepada 3 narasumber. Penelitian ini menggunakan metode mix methods dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh  (Munawir and Aziziy 2023) dan (Damayanti et al. 2021) yang menunjukkan analisis SWOT dari produk tabungan BritAma. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BRI KC Balikpapan Sudirman untuk memasarkan tabungan BritAma dengan menerapkan strategi marketing mix menggunakan variabel 7P dan strategi promosi merupakan yang paling efektif. Strategi yang paling tepat adalah mempertahankan kondisi saat ini sambil menjaga efisiensi dan efektivitas operasional.

References

Asdi, and Samsul Rizal. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpedes Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Sungguminasa.” Bongaya Journal of Research in Management 2(1):1–10.
Damayanti, Indri, Rosalina Ayudia, and Erman Sutandar. 2021. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Britama Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Bintaro.” Remittance: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan 2(2):93–99. doi: 10.56486/remittance.vol2no2.168.
Hofifah, Wilda Nur. 2022. “Analisis SWOT Pada Strategi Pemasaran Produk Kredit Briguna Karya Pada BANK BRI KC. Jember.” Juni 2022. Retrieved (http://digilib.uinkhas.ac.id/11025/1/1. Wilda skripsi watermax fix %281%29.pdf).
Munawir, Munawir, and Riza Aziziy. 2023. “Praktik Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Syariah Produk Tabungan Ib Hijrah Prima Pt Bank Muamalat Indonesia Tbk Kcp Genteng.” JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam 3(2):187–97. doi: 10.30739/jpsda.v3i2.2321.
Rustiana, Devara, and Atika. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KC Sibolga.” Journal of Engineering Research 3(4):1994–2001
Published
2024-12-02
How to Cite
Sida, D. D., Ismawanto, T., & Khairiyah, N. M. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BRITAMA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 6(1), 20-26. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/431

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>