STRATEGI PEMASARAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BNI GRIYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (BNI) TBK (Studi Kasus PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Umum Sudirman Periode 2019 – 2021)

  • Nur Vina Mauliyani Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hendra Sanjaya Kusno Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: strategi pemasaran, marketing mix, KPR, BNI Sudirman Balikpapan

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the marketing strategy at Bank Negara Indonesia Sudirman Balikpapan General Branch Office. This study uses a qualitative method with a descriptive approach and is analyzed using the 7P Marketing Mix by interviewing bank employees, namely Marketing BNI Griya. This study supports Ebila (2020) and Juneda (2020) with the same results, namely the company uses the 7P marketing mix. The results of this study are BNI Griya has a low interest rate of 13.25% and a 30-year tenor. Marketing media for PT BNI (Persero) Tbk Sudirman by distributing brochures and using social media. With this the authors hope that Bank Negara Indonesia KCU Sudirman Balikpapan establishes a new business strategy that is more effective and efficient, makes new innovations in order to compete with digital banks and improves promotional strategies.

Keyword: Marketing Strategy, Marketing Mix, KPR, BNI Sudirman Balikpapan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Umum Sudirman Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix) 7P dengan mewawancarai pegawai bank yaitu Marketing BNI Griya. Penelitian ini mendukung Ebila (2020) dan juneda (2020) dengan hasil yang sama, yaitu perusahaan menggunakan bauran pemasaran 7P. Hasil dari penelitian ini adalah BNI Griya memiliki suku bunga rendah 13,25% dan tenor 30 tahun. Media pemasaran PT BNI (Persero) Tbk Sudirman dengan menyebarkan brosur dan menggunakan media sosial. Dengan ini penulis berharap agar Bank Negara Indonesia KCU Sudirman Balikpapan menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efektif dan efisien, membuat inovasi baru agar bisa bersaing dengan bank digital serta meningkatkan strategi promosi.

Kata kunci:  Strategi Pemasaran; Marketing Mix; KPR; BNI Sudirman Balikpapan

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu
Antu, Y., Dukalang, M. N., & Mustafa, A. (2020). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Bohusami Pada Pt. Bank Sulutgo Cabang Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(1), 50–60.
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64.
Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks, 1(3), 297–306.
Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 261–270.
Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 3(2), 19–37.
Juneda, J. (2019). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan PT. BNI Syariah KC. Parepare. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 212–237.
Amelia, R., Lesstari, I., Nasib. (2019). Manajemen Pemasaran (Dasar dan Konsep). Bandung: CV Sadari
Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 4(2), 261-261.
Nelwan, O. S., & Artika, T. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(1), 80–99.
Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Wiwik Hasbiyah AN, Khotimatus Sadiyah, Z. S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran KPR Syariah di BRI Syariah Cabang BSD City. Jurnal Madani Syari’ah, 3(2), 114–131.
Yorda, E. (2020). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah ( Kpr ) Bersubsidi Pada Bank Tabungan Negara ( Btn ) Kcs Pekanbaru Jl Arif. Juhanperak, VOL 1(VOL 1 NO 2 (2020), 603–609.
Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran( Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Putri, T.R.B. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana
Sugiyono, (2018). Metode Kuatitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa Edisi Pertama. Malang: Bayumedi Publishing
Published
2022-12-20
How to Cite
Mauliyani, N. V., Ismawanto, T., & Kusno, H. S. (2022). STRATEGI PEMASARAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BNI GRIYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (BNI) TBK (Studi Kasus PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Umum Sudirman Periode 2019 – 2021). Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 4(1), 89-97. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/385