ANALISIS TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN MODAL KERJA PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) PERIODE TAHUN 2016-2020”

  • Lailam Mugsitin POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Saiful Ghozi POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dahyang Ika Leni Wijayani POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
Keywords: Analisis Perputaran Piutang, Perputaran Modal Kerja

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perputaran piutang dan perputaran modal kerja. Dalam menghitung perputaran piutang usaha, dilakukan dengan melihat jumlah pendapatan. Jumlah pendapatan yang digunakan adalah jumlah pendapatan bersih diketahui oleh umum. Untuk mengukur perputaran modal kerja adalah dengan cara membandingkan antara penjualan dengan modal kerja atau dengan kerja rata-rata. Penjualan yang akan dibandingkan adalah penjualan bersih dalam suatu periode. Sedangkan membandingkan adalah modal kerja dalam arti seluruh total aktiva lancar atau dapat pula digunakan modal kerja rata-rata. Hasil dari tugas akhir ini adalah Perputaran piutang pada PT Pegadaian (persero) cenderung mengalami peningkatan, hal ini terjadi dikarenakan meningkatnya jumlah piutang yang dapat ditagih, atau banyaknya dana yang produktif dalam yang dimiliki PT Pegadaian (persero). Perputaran modal kerja juga mengalami peningkatan yang stabil dikarenakan meningkatnya jumlah pendapatan perusahaan, yang mengakibatkan jumlah persediaan terus berputar dan jumlah pendapatan perusahaan mengalami peningkatan.

References

Andrew, W. F., & Matthew, S. J. (2005). Online Communication: Linking Technology, Identity and Culture. New Jersey: Lawrence Erlbraum Associates Inc.
Arumsari, L. (2010). Analisis Perputaran Piutang Pada PT PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan CImahi. Fakultas Ekonomi Akuntansi.
Aulia Rahma. 2009. Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur PMA dan PMDN Yang Terdaftar di BEI. Jurnal. Universitas Sumatra Utara.
Duwi Sri Utami. 2009. Analisis Pengelolahan Modal Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food And Beverages Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal.Universitas Sumatra Utara.
Encik Latifah Hanum. 2008. Pengaruh Kebijakan Modal Kerja Terhadap Return On Investment Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatra Utara.
Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Services.
Hery.(2015).Pegadaian.co.id. Diambil kembali dari CAPS: https://www.pegadaian.co.id/
Husnaeni. (2017). Analisis Tingkat Perputaran Piutang Terhadap Pengelolaan Piutang Pada PT Sinar Galesong Mandiri Makassar.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2007). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Irfani Wulan Sari. 2012. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Piutang, Dan Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas Pt. Pelabuhan Indonesia I (persero) cabang Belawan International Container Terminal (BICT). Skripsi. Fakultas ekonomi. Universitas Sumatra Utara.
Kasmir. (2012). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2021-12-27
How to Cite
Mugsitin, L., Ghozi, S., & Wijayani, D. I. L. (2021). ANALISIS TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN MODAL KERJA PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) PERIODE TAHUN 2016-2020” . JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 94-102. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/251