PENGARUH PENGELOLAAN ASET, LABA PER LEMBAR SAHAM DAN PENDAPATAN BUNGA BERSIH TERHADAP HARGA SAHAM (PADA BANK UMUM BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009 – 2018)

  • Wuridewi Ningsih Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang
  • Winarni Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang
  • Dahyang Ika Leni Wijayani Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Harga Saham, Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Net Interest Margin (NIM)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perngaruh Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Harga Saham. Data diperoleh dari Annual Report yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia dengan periode 2009-2018. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan sampel dalam penelitian adalah Bank Umum Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antar variabel satu dengan variabel lainnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji simultan (f) menyimpulkan bahwa Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Net Interest Margin (NIM) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Demikian juga secara parsial, Berdasarkan uji parsial (t) bahwa Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Net Interest Margin (NIM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

Published
2020-03-16
How to Cite
Ningsih, W., Winarni, & Wijayani, D. I. L. (2020). PENGARUH PENGELOLAAN ASET, LABA PER LEMBAR SAHAM DAN PENDAPATAN BUNGA BERSIH TERHADAP HARGA SAHAM (PADA BANK UMUM BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009 – 2018). JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan , 1, 246-256. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/71

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>