ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN

  • Fendry Susanto Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang
  • Prihatiningsih Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang
  • Totok Ismawanto Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: BRI Mobile Banking, Teknologi Finansial, Kualitas Layanan

Abstract

Perkembangan teknologi finansial di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, tetapi masih kurang masyarakat kita paham akan teknologi finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kekuatan, apa saja kelemahan, peluang apa yang mungkin timbul dan ancaman apa saja yang akan terjadi dari pengimplementasian teknologi finansial pada Bank BRI Kantor Cabang Balikpapan Sudirman khususnya implementasi BRI Mobile Banking. Data diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kelengkapan fitur dan desain yang praktis dan mudah digunakan menjadi kekuatan dari pengimplementasian BRI mobile banking walaupun terdapat kelemahan seperti biaya yang ditanggung pengguna karena masih berbasis sms plain text. Gaya hidup masyarakat yang selalu bertransaksi online dan akan ada penambahan satelit menjadi peluang dalam peningkatan kualitas layanan. Dibalik itu terdapat ancaman pula seperti kualitas produk pesaing yang lebih unggul dan bebas biaya.

Published
2020-03-10
How to Cite
Susanto, F., Prihatiningsih, & Ismawanto, T. (2020). ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG BALIKPAPAN SUDIRMAN. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 1, 74-81. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/50

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>