PENGARUH CASH ON DELIVERY (COD) DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA GENERASI Z BALIKPAPAN (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN BISNIS POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN)
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of Cash On Delivery (COD) and Shopee Paylater on purchasing decisions at E-Commerce Shopee in Generation Z Balikpapan. In this study using independent variables, namely, Cash On Delivery (COD) and Shopee Paylater, and as the dependent variable, namely, Purchasing Decisions. The population in this research is students majoring in business of Balikpapan state polytechnic. The sampling technique used is purposive sampling. The data collection method in this research is survey method by using questionnaire. This research uses quantitative method with multiple regression analysis. The results of this study indicate that the variables of Cash On Delivery (COD) and Shopee Paylater simultaneously affect purchasing decisions at Shopee E-Commerce. The Cash On Delivery (COD) variable has a partial effect on purchasing decisions at E-Commerce Shopee. The Shopee Paylater variable has no partial effect on purchasing decisions at Shopee E-Commerce.
Keywords : Cash On Delivery (COD), Shopee Paylater and Purchasing Decisions.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Cash On Delivery (COD) dan Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Pada Generasi Z Balikpapan. Dalam penelitian ini menggunakan variable independent yaitu, Cash On Delivery (COD) dan Shopee Paylater, dan sebagai variabel dependen yaitu, Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan bisnis politeknik negeri Balikpapan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Cash On Delivery (COD) dan Shopee Paylater berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di E-Commerce Shopee. Variabel Cash On Delivery (COD) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di E-Commerce Shopee. Variabel Shopee Paylater tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di E-Commerce Shopee.
Kata kunci : Cash On Delivery (COD), Shopee Paylater dan Keputusan Pembelian.
References
Jaya. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Cetakan Ketiga Quadrant.
Kompasiana. 2023. “Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi - Kompasiana.Com.” Retrieved February 11, 2024 (https://www.kompasiana.com/nadiakhanzaazzahra7190/65905ab312d50f59cc15b182/literasi-digital-sebagai-wujud-pemberdayaan-masyarakat-di-era-globalisasi).
Kumparan. 2023. “Keputusan Pembelian Online: Psikologi Konsumen, Iklan, Dan Pemasaran Digital | Kumparan.Com.” Retrieved March 20, 2024 (https://kumparan.com/jevon-zakii/keputusan-pembelian-online-psikologi-konsumen-iklan-dan-pemasaran-digital-21osVmsWmlg).
Nasution, Umi Amalia, Elvina Harahap, and Mulya Rafika. 2022. “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Dan Sistem Pembayaran COD Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB-ULB).” Journal of Business and Economics Research (JBE) 3(2):58–63. doi: 10.47065/jbe.v3i2.1672.
Rusdiana, Listia, Rafiqi, and Ridhwan. 2023. “Pengaruh Metode Pembayaran PayLater Dan Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Jambi Angkatan 2018-2022).” Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 1(2):3025–1192.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke. Alfabeta.
Wulandari, Hartini Prasetyo, and Asih Endah Subandiyah. 2022. “Pengaruh Ulasan Produk, Harga Dan Pembayaran Non Tunai (Shopee Paylater) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee Di Yogyakarta.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 9(2):80. doi: 10.54131/jbma.v9i2.138.