ANALISIS LAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN NASABAH PADA BANK MEGA KANTOR CABANG PEMBANTU MT HARYONO BALIKPAPAN

  • Sheila Almira Mahasiswa Prodi Perbankan dan Keuangan
  • Ida Suriana Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan
  • Aditya Achmad Rakim Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Customer Service, Service, Customer Service, Pelayanan

Abstract

The purpose of this study was to find out how the services provided by Customer Service in an effort to improve services at Bank Mega MT Haryono Balikpapan Branch Office. This study used an inductive method where the data that the researchers managed to collect from the research location were in the form of data found from observations, interviews, and documentation.The results of research conducted at Bank Mega MT Haryono Balikpapan Branch Office regarding how services provided by Customer Service in an effort to improve service are very important, this is indicated by the results of interviews that researchers have conducted, namely services provided by Customer Service to customers. quite good because customers feel comfortable when making transactions and also comfortable being a customer of Bank Mega, thus making these customers loyal to the bank. That way, the good quality of service from this Customer Service can be maintained and improved for the better in the future so that customers remain loyal to the bank.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan yang diberikan oleh Customer Service dalam upaya meningkatkan pelayanan pada Bank Mega Kantor Cabang Pembantu MT Haryono Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode induktif dimana data yang berhasil peneliti kumpulkan dari lokasi penelitian tersebut, yaitu berupa data yang ditemukan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di Bank Mega Kantor Cabang Pembantu MT Haryono Balikpapan ini mengenai bagaimana layanan yang diberikan oleh Customer Service dalam upaya meningkatkan pelayanan merupakan hal yang sangat penting, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu pelayanan yang diberikan Customer Service kepada nasabah cukup baik karena nasabah merasa nyaman pada saat bertransaksi dan juga nyaman menjadi nasabah Bank Mega sehingga membuat nasabah tersebut loyal pada bank. Dengan begitu kualitas pelayanan yang sudah baik dari Customer Service ini untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi menjadi lebih baik lagi kedepannya agar nasabah tetap loyal kepada bank.

Author Biographies

Sheila Almira, Mahasiswa Prodi Perbankan dan Keuangan

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan

Ida Suriana, Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan

Aditya Achmad Rakim, Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Balikpapan

References

Angkow, F., Sepang, J. L., & Sumarauw, D. J. (2016).
Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan Customer Service
Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank BNI (Persero, Tbk)
Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Cahyani, P. D. (2016). Tingkat Kepuasan Nasabah
Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta.
Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 151-162.

Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018).
Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan
Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan
Daerah Sumatera Baratcabang Utama Padang.

Hariyanti, P., & Utari, R. (2013).
Pengaruh Aktivitas Customer Service Dan Kepuasan
Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Riau Kepri
Capem Panam Pekanbaru. Jurnal Komunikasi.

Harun, R. (2016). Pengaruh Pelayanan Customer Service
Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bri Syariah
Kcp Sungguminasa. Skripsi, Uin Alauddin Makassar, Makassar.

Hery. (2020). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Pt Grasindo.

Hutabalian, Y. H., & Kalangi, J. S. (2015).
Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan
Di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik. Acta Diurna.

Indonesia, I. B. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan.
Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Krisni, D. N. (2014). Peranan Customer Service Dalam
Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung
Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.
Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung, Tulungagung.

Mega, B. (N.D.). Https://Www.Bankmega.Com/.
Retrieved Agustus 2020

Mirawati, & Fernos, J. (2019). Peranan Customer Service
Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah
Pada Bank Nagari Cabang Siteba Padang.

Mustofa, J. (2016). Penerapan Akad Mudharabah
Pada Produk Tabungan Haji Ib Mega Syariah
Di Bank Mega Syariah Kc Semarang. Skripsi,
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang.

Mustofa, U. A., & Siyamto, Y. (2015).
Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah
Pada Bank Umum Syariah Di Surakart. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Nirwa. (2018). Strategi Customer Service
Dalam Meningkatkan Pelayanan Pt.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Unit Batua Raya (Pendekatan Manajemen Islam).
Skripsi, Uin Alauddin Makassar, Makassar.

Pramana, I. G., & Rastini, N. M. (2016).
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah
Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang
Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank.
Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya.
Published
2021-02-19
How to Cite
Almira, S., Suriana, I., & Rakim, A. A. (2021). ANALISIS LAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN NASABAH PADA BANK MEGA KANTOR CABANG PEMBANTU MT HARYONO BALIKPAPAN. JMAP : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 2, 460-469. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/175