FAKTOR DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERBANKAN KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Abstract
This study aims to determine the effect of managerial ownership, institutional ownership, number of employees, total assets, return on assets, earnings per share on Corporate Social Responsibility disclosure. The population of this study is Conventional Banks on the IDX for the period 2019 - 2023 which meet the criteria, namely 10 companies. The sampling technique used was purposive sampling and used the documentation method with secondary data sources. The results of this study indicate that managerial ownership, institutional ownership, number of employees, total assets, ROA, EPS on CSR disclosure have a significant effect simultaneously. Furthermore, institutional ownership, return on assets and earning per share have no effect on CSR disclosure partially. The results of this study support the research of Febriyanti and Utomo (2022) which found that simultaneously ownership structure, company size, and profitability have a positive effect on CSR disclosure.
References
Edison, A. (2017). Struktur Kepemilikanasing, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerialpengaruhnya Terhadapluas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Utama Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 -2014). Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 164–175.
Febriyanti, A., & Utomo, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Csr Pada Perusahaan Subsektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2019. Journal Of Sustainability Business Research, 3(3).
Indriyani, A. D., & Yuliandhari, W. S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility(Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks Lq 45 Non-Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 6(1).
Masruroh, I., Utami, S., & Indriastuti, D. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 – 2019. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 20(4), 450–460.
Paramita, A., & Syahzuni, B. (2022). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Prosiding 13th Industrial Research Workshop And National Seminar (Irwns) , 13(1).
Trisnawati, R. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Industri Perbankan Di Indonesia. Seminar Nasional Dan Call For Paper.
Zulkifli, Khairiyah, D., & Yuniarti, N. (2022). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Reponsibility Pada Perusahaan High Profile Di Bei. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Teknologi Informasi Akuntansi, 3(1).