PENGARUH FASILITAS MOBILE BANKING DAN ATM TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG BALIKPAPAN
Abstract
ABSTRACT
Mobile Banking and ATM are bank facilities that have similarities in providing easy access to banking services to customers. This research aims to find out whether Mobile Banking and Automatic Teller Machine (ATM) facilities affect customer satisfaction at Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Balikpapan Branch Office. In this research, Customer Satisfaction is the dependent variable, while Mobile Banking and ATM are the independent variables. The number of samples used in this research was 100 respondents. This type of research is quantitative research. In collecting this data, the Slovin formula was used, with data collection using a questionnaire. The data analysis technique uses the help of the Statistical Product and Service Solutions (SPSS) application program version 26. The results of the research conducted show that the Mobile Banking and Automatic Teller Machine (ATM) variables simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction. The Mobile Banking variable partially has a positive and significant effect on customer satisfaction. The ATM (Automatic Teller Machine) variable partially has a positive and significant effect on customer satisfaction.
ABSTRAK
Mobile Banking dan ATM merupakan fasilitas bank yang memiliki kesamaan dalam memberikan kemudahan akses layanan perbankan kepasa nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fasilitas Mobile Banking dan Automatic Teller Machine (ATM) terhadap kepuasan nasabah pada Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Balikpapan. Pada penelitian ini Kepuasan Nasabah sebagai variabel dependen, sedangkan Mobile Banking dan ATM sebagai variabel independen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data ini menggunakan rumus slovin, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan program aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel Mobile Banking dan Automatic Teller Machine (ATM) secara simlutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel Mobile Banking secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel ATM (Automatic Teller Machine) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
References
Fitria, Annisa, Aang Munawar, and Pebi Paisal Pratama. 2021. “Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking Dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI.” Jurnal Informatika Kesatuan 1(1):43–52. doi: 10.37641/jikes.v1i1.406.
Jaya. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Teori Penerapan.
Kusnadi, Hafidah Ayu, Nurbaiti, and Nursantri Yanti. 2024. “Pengaruh Layanan Internet Banking , Mobile Banking , Dan Automatic Teller Machine ( ATM ) Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Indonesia ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2019 ).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonom 2(1):69–85.
Mariatul Jannah, Mukhlis Kaspul Anwar dan Yulida Mardini. 2023. “Jurnal Al-Risalah, Volume 19, Nomor 1, Januari - Juni 2023.” 19:65–73.
Mutiasari, Annisa Indah. 2020. “Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital.” Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan 9(2):32–41. doi: 10.47942/iab.v9i2.541.
Rochmah, Siti, and Fidyah Yuli Ernawati. 2022. “Pengaruh Layanan Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking, Dan Mobile Banking Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah.” Jurnal Ilmiah Infokam 18(1):18–27. doi: 10.53845/infokam.v18i1.315.