ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TRANSAKSI CARDLESS PADA APLIKASI BRIMO
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the impact of technological developments in the financial sector on payment systems, both online and offline, using quantitative methods. The research population consisted of 158 students of the Business Department class of 2020-2023. The results showed that convenience, comfort, and trust simultaneously had a significant effect on the interest of Business Department students in making cardless transactions. Partially, convenience has no significant effect, while comfort and trust significantly have a positive effect on student interest. This finding is in line with Handayani's (2019) research, which also found that convenience and trust have a positive impact on interest in using mobile banking among Yogyakarta students. In conclusion, students' interest in using cardless transactions contributes significantly to advancing personal financial management technology in the future.
Keywords: Brimo, Cardless, Customer Interests.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perkembangan teknologi di sektor keuangan terhadap sistem pembayaran, baik online maupun offline, dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 158 mahasiswa Jurusan Bisnis angkatan 2020-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kenyamanan, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa Jurusan Bisnis dalam melakukan transaksi tanpa kartu. Secara parsial, kemudahan tidak memiliki pengaruh signifikan, sementara kenyamanan dan kepercayaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa tersebut. Temuan ini sejalan dengan penelitian Wulandari dkk(2023) yang juga menemukan bahwa kenyamanan dan kepercayaan berdampak positif terhadap minat menggunakan mobile banking di kalangan mahasiswa Yogyakarta. Kesimpulannya, minat mahasiswa dalam menggunakan transaksi tanpa kartu berkontribusi signifikan dalam memajukan teknologi pengelolaan keuangan pribadi di masa depan.
Kata kunci: Brimo, Cardless, Minat Nasabah.
References
Handayani, P. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Pada Bank Aceh Syariah.
Mukhtisar, Tarigan, R. R., & Evriyenni. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh.
Mahmudah, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking 2020 (Studi Kasus Nasabah BRI KC Semarang).
Ningrum, R. (2020). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu.
Tara, A. (2022). Pengaruh Customer Satisfaction, Usability Dan Trust terhadap Kemudahan Dan Kenyamanan Bertransaksi Di Bank Syariah Tanggamus Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Wulandari, E. N., Abrar, M., & Hutagalung, K. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah (Studi) Kasus Mahasiswa Universitas Potensi Utama Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2018-2021).