STRATEGI MARKETING MANTRI KUR MIKRO DALAM MENDAPATKAN NASABAH
Abstract
This study aims to determine how the strategy carried out by the Mantri KUR Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Sudirman Balikpapan Branch Office in getting BRI Micro KUR customers. The data in this study were obtained from the results of interviews conducted by researchers with relevant sources, namely Mantri KUR Mikro BRI Kanca Sudirman Balikpapan using saturated sampling. This type of research is descriptive qualitative, it uses the inductive inference concept method which concludes thoroughly the strategies used by the KUR Mikro mantri in getting customers, and explains again what obstacles are faced and what steps are taken by Mantri KUR Mikro PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Sudirman Balikpapan Branch Office. Based on the research results, it was found that the strategies applied by each Mantri KUR Mikro were different for each work unit. All marketing processes and strategies in getting customers were handed over by the leadership to Mantri KUR Mikro. Most of the Mantri KUR Mikro felt there were no obstacles in marketing BRI KUR Micro products because the KUR product itself was a very popular product, but due to the latest regulations where the Mantri Expansion zone had been determined for each BRI work unit, Mantri had a little trouble because it was not as flexible as it used to be. in finding customers.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dijalankan oleh Mantri KUR Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Kantor Cabang Sudirman Balikpapan dalam mendapatkan nasabah KUR Mikro BRI. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan narasumber yang bersangkutan yaitu Mantri KUR Mikro BRI Kanca Sudirman Balikpapan menggunakan sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, maka menggunakan metode konsep penyimpulan induktif dimana menyimpulkan secara menyeluruh strategi yang digunakan mantri KUR Mikro dalam mendapatkan nasabah, serta menjelaskan kembali kendala apa saja yang dihadapi dan langkah apa yang dilakukan Mantri KUR Mikro PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Sudirman Balikpapan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh strategi yang diterapkan oleh masing-masing Mantri KUR Mikro berbeda pada masing-masing unit kerja, semua proses pemasaran dan strategi dalam mendapatkan nasabah diserahkan oleh Pimpinan kepada Mantri KUR Mikro. Sebagian besar Mantri KUR Mikro merasa tidak ada kendala dalam memasarkan produk KUR Mikro BRI karena product KUR sendiri adalah produk yang sangat diminati, namun karena peraturan terbaru dimana zona Ekspansi Mantri sudah ditentukan pada masing-masing unit kerja BRI Mantri sedikit mengalami kesulitan karena tidak seleluasa dulu dalam mencari nasabah.
References
Curup Dalam Mendorong Usaha Mikro Terhadap
Perekonomian Masyarakat Kecamatan Curup.
A, Rachim. (2015). Pengendalian Kredit Dalam Upaya
Menciptakan Bank Yang Sehat Pada Bank X Di Surabaya.
Achmad, R. (2020). Manajemen Pemasaran di Era
Masyarakat Industri 4.0. Jakarta: Deeppublish.
Adwiyah, R. (2011). Analisis Strategi Pemasaran Program
Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Bima.
Afryeni, P. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (Kur)
Pt. Bank Rakyat Indonesia (Bri) Unit Talang Cabang Solok.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualiitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Banjar nahor, Donar. 2019. Konsisten di UMKM,
BRI Raih 2 Penghargaan BI Award 2019 dalam
https://www.cnbcindonesia.com/market/20191129111 145-17-118986/
konsisten-di-umkm-bri-raih-2-penghargaan-bi-award-2019 diakses pada 24 Juli 2020.
Bank Indonesia. 1998. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998
Tentang Perubahan Terhadap UU Nomor 7 TAHUN 1992
Tentang Perbankan. Jakarta
Bank Rakyat Indonesia. 2014. SK No.Kep No.S-115-DIR/KPS/12/2014.
Perihal Pekerja Dengan Kinerja Tidak Cakap. Jakarta: Bank Rakyat Indonesia.
Cahaya, E. (2018). Tinjauan Prosedur Permohonan
Penerbitan Standby Letter Of Credit Dalam Rangka Impor
Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Kantor Cabang Kebayoran Baru, Jakarta.
Fitrah, M. & Luthfiyah. (2018), Metodologi Penelitian:
Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Target Penyaluran KUR BRI Tahun 2020 dalam
https://www.beritasatu .com/ ekonomi/593878-
bri-targetkan-penyaluran-kur-rp- 1202-triliun-tahun-ini,
diakses pada 22 Juli 2020.
Irawati, A. & Marlina,A. (2017). Strategi Pemasaran KUR
Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Bogor Padjajaran.
Irawati. (2016). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan
Dalam Pencapaian Target di PT. Bank Muamalat, Tbk KCP SM. Raja Medan.
Ismai. (2018). Manajemen Perbankan. Jakarta:Prenamedia Group.
Juneda. (2019). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan
PT. BNI Syariah KC. Pare-Pare. Kediri.
Kasmir, (2013), Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir. (2002). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Keunggulan BRI Dalam Menggarap UMKM dalam
https://wirausahabrilian. bri.co.id/news/detail/500/
ini-keunggulan-bri-dalam-menggarap umkm. html, diakses pada 25 April 2020.
Kredit Usaha Kecil dan Menengah dalam https://
www.bi.go.id/id/um km/kredit/data/
Default.aspx, diakses pada 4 April 2020.
Laporan Tahunan/Annual Report PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero), Tbk Perode 2015-2019 melalui www.bi.go.id
diakses pada 2 Februari 2020.
Ludwianto, Bianda. 2017. BRI Fokus Kembangkan
Layanan Perbankannya di Seluruh Indonesia,
dalam https://kumparan.com/bianda- ludwianto1510
064557840/bank-bri-fokuskembangkan-layanan-
perbankannya-diseluruh indonesia-1511246814106,
diakses pada 20 Juli 2020.
Monada, R. (2015). Strategi Marketing dan Mikro Usaha
Dalam Mendapatkan Nasabah di BRI Unit Sultan Adam Banjarmasin.
Muzamil,M. (2015). Analisis Penerapan Sistem
Pengendalian Internal Penyaluran Kredit Pada Bri Kota Samarinda.
Oktavianus,Y. (2015), Strategi Pemasaran Produk Kredit
Perbankan (Kasus Bank Nagari Cabang Pekan Baru).
Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015
Tentang Pedoman Pelaksanaan KUR.
Program Kredit Usaha Rakyat, dalam
https://kur.ekon.go.id/kebijakan-kur,
diakses pada 15 Juli 2020.
Putra, D.P. (2011).Pengaruh Kinerja Credit Marketing
Officer Terhadap Volume Pembiayaan Mobil
Pada PT.CIMB Niaga Auto Finance Makassar.
Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Realisasi Penyaluran KUR, 2007-2019 dalam
https://lokadata.id/data/realisasi-penyaluran-
kur-2007-2019-1579667758, diakses pada 30 Juli 30 April 2020.
Rizal,A. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat
Industri 4.0. Yogyakarta: CVBudi Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Strategi Pemasaran BRI Dalam Microfinance
dalam https://www. Cnbc indonesia com/market/
20191129111145-171189 86/kon sisten-di-umkm-
bri-raih-2-penghargaan-bi-award-2019di-umkm-bri
raih-2- penghargaan-bi-award-2019 diakses pada 5 Mei 2020.
Suryani,T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik
Bank di Era Global. Jakarta: Prenamedia Group.
Target Penyaluran KUR BRI Tahun 2020 dalam
https://www.beritasatu .com/ ekonomi/593878-bri-
targetkan-penyaluran-kur-rp- 1202-triliun-tahun-ini,
diakses pada 22 Juli 2020.
Yusuf,M. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.