ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAAN NASABAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah, apakah ada pengaruh signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, dan apakah ada pengaruh signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 sampel yang diperoleh dari data primer dimana data primer tersebut didapatkan langsung dari jawaban nasabah menggunakan kuesioner. Untuk analisis dan pengujian dilakukan dengan bantuan perangkat lunak program komputer SPSS 20. Berdasarkan uji hipotesis F yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan dan kualitas layanan secara signifikan berpengaruh simultan terhadap kepuasan nasabah karena nilai f hitung lebih besar dari f tabel, yaitu sebesar 11.907. Berdasarkan uji parsial T yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah karena t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 3.182. Kualitas Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah karena t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 3.187