ANALISIS PENERAPAN LAYANAN DIGITAL SAVING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS OPERASIONAL PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT SEPINGGAN

  • Dewita Salsabilla Suratno Politeknik Negeri Balikpapan
  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nurul Musfirah Khairiyah Politeknik Negeri Balikpapan
Keywords: Digital Saving, Electronic Service Quality, Layanan Perbankan

Abstract

ABSTRACT

This study aims to analyze how the implementation of digital saving services improves operational effectiveness at BRI Unit Sepinggan. The study was conducted by interviewing 5 informants directly. The qualitative research method uses a descriptive approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of this study are in line with research conducted by (Sofiah & Ayu, 2022) and (Rahmadani et al., 2022) which shows that the implementation of digital saving services has been running effectively and can help bank operations. The implementation of this service has been running in accordance with the Electronic Service Quality theory which can be accessed through the website bukarekening.bri.co.id.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan layanan digital saving dalam meningkatkan efektivitas operasional pada BRI Unit Sepinggan. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai langsung kepada 5 (lima) narasumber. Metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh (Sofiah & Ayu, 2022) dan (Rahmadani et al., 2022) yang menunjukkan bahwa penerapan layanan digital saving telah berjalan secara efektif dan dapat membantu operasional bank. Penerapan layanan ini telah berjalan sesuai dengan teori Electronic Service Quality yang dapat diakses melalui website bukarekening.bri.co.id.

References

BRI, Bank. 2023. “Tentang BRI.” Retrieved (https://bri.co.id/tentang-bri).
Gunawan, Cecep, Ida Suriana, Dito Rozaqi Arazy, Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Negeri Balikpapan, Jurusan Akuntansi, and Politeknik Negeri Balikpapan. 2022. “Analisis Swot Pegadaian Digital Service Studi Kasus Pada Nasabah Pegadaian Cabang Manggar.” 18–2022.
Muhammad Agung Nugraha. 2023. “Analisis Implementasi Digital Banking Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Samarinda.” 5:1–14.
Prof.Dr.Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif.
Rahmadani, Lesty, Zul Azmi, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, and Penulis Korespondensi Lesty Rahmadani. 2022. “Efektivitas Pembukaan Rekening Secara Online Melalui Layanan Digital Saving Pada Bank BRI Kantor Kas Chevron Rumbai.” Urnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen 2(2):288–99.
Sofiah, and Rizky Putri Ayu. 2022. “Implementasi Digital Saving Dalam Memperbaiki Mutu Layanan Pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.” Lan Tabur: Jurnal Ekonomi Syari’ah 4(1):78–98.
Published
2024-12-02
How to Cite
Suratno, D. S., Ismawanto, T., & Khairiyah, N. M. (2024). ANALISIS PENERAPAN LAYANAN DIGITAL SAVING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS OPERASIONAL PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT SEPINGGAN. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP), 6(1), 27-33. Retrieved from https://ejournal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/434

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>