PENGUNGKAPAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASARKAN ISO 26000:2010 PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK PERIODE 2019
Abstract
ISO 26000:2010 is an international standard developed to help organizations assess and handle responsibility or Corporate Social Responsibility (CSR) towards society and the environment. This study aims to determine the disclosure of CSR implementation at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk in accordance with the 7 core subjects in the ISO 26000:2010 guidelines. The research method used in this research is descriptive qualitative using document data annual reports and sustainability reports. Based on document-based ISO 26000:2010 observations of literature review, BRI's annual report and sustainability report is considered to have fulfilled the 7 core subjects of CSR which include organizational governance, human rights, labour practice, environment, fair operational procedures, consumers, as well as community involvement and development.
ABSTRAK
ISO 26000:2010 merupakan standar internasional yang dikembangkan untuk membantu organisasi menilai dan menangani tanggung jawab atau Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan implementasi CSR di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk sesuai dengan ke 7 subjek inti pada pedoman ISO 26000:2010. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan data dokumen annual report dan sustainability report. Hasil pengamatan tinjau pustaka berdasarkan ISO 26000:2010 berbasis dokumen, maka dalam annual report dan sustainability report BRI dinilai telah memenuhi ke 7 subjek inti CSR yang meliputi tata kelola organisasi, Hak Asasi Manusia (HAM), praktik ketenagakerjaan, lingkungan, praktik operasi yang adil, konsumen, serta pelibatan dan pengembangan masyarakat.
References
Sebagai Best Bank for CSR. www.cnbcindonesia.com.
Retrieved April 19, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/
market/20191004145623-17-104501/
bri-dinobatkan-asiamoney-sebagai-best-bank-for-csr.
BRI. (2020). Annual Report Bank Rakyat Indonesia 2019.
www.bri.co.id. Retrieved March 07, 2020,
from http://www.bri.co.id/report
BRI. (2020). BRI SR 2019 Indonesia lowres.
www.bri.co.id. Retrieved March 26, 2020,
from http://www.bri.co.id/report
ISO. (2010). ISO DIS 26000 Guidance on Social Responsibility.
isotc.iso.org. Retrieved March 07, 2020, from https://isotc.iso.org/livelink/livelink/fetch/-8929321/
8929339/8929348/3935837/ISO_DIS_26000_
Guidance_on_Social_Responsibility.pdf?nodeid=8385026&vernum=-2
Oktavia, D. A. (2012). Program Corporate Social Responsibility (CSR)
SENDIK BRI Studi Kasus: Pelaksanaan CSR Sentral
Pendidikan Bank Rakyat Indonesia Padang Terhadap
Masyarakat Pasar Baru, Kelurahan Cupak Tangah,
Kecamatan Pauh. Jurnal Pelangi, Vol. 5 No., 9–15.
Persoalan Hukum Seputar Tanggung Jawab Sosial
dan Lingkungan Perseroan dalam Perundang-Undangan
Ekonomi Indonesia. ditjenpp.kemenkumham.go.id.
Retrieved June 18, 2020, from http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/
hukum-perdata/847-persoalan-hukum-seputar-tanggung-
jawab-sosial-dan-lingkungan-perseroan-dalam-
perundang-undangan-ekonomi-indonesia.html
Romauli, R. (2012). Implementasi ISO 26000
dan Pelaporan serta Pengungkapan Berdasarkan Standar
Global Reporting Initiative (Studi Kasus pada PT Indah
Kiat Pulp and Paper, Tbk). Universitas Indonesia.
Santoso, A. T. (2019). Pengungkapan Implementasi
Corporate Social Responsibility Berdasarkan ISO 26000:
2010 Pada PT Bank BRI (Persero) Tbk Tahun 2018.
Jurnal Akuntansi, 1–8.
Suwandi & R. A. (2018). Gap Analysis Implementasi ISO
26000 pada Perusahaan Publik. Modus, Vol. 31 (2, 172–183.
Titofianti, N. A. (2012). Implementasi Corporate
Social Responsibility (CSR) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.
Kantor Unit Porong. Universitas Negeri Surabaya, 1–19.
Zhelbina, R. S. (2017). Perlakuan Akuntansi Aset Bersejarah.
Universitas Pendidikan Indonesia.